PEMATAHAN DORMANSI BENIH MUKUNA (Mucuna bracteata) MELALUI VARIASI SUHU AWAL AIR PERENDAMAN DAN LAMA PERENDAMAN DALAM LARUTAN GIBERELIN (GA3)

Mahardeva, Arief (2021) PEMATAHAN DORMANSI BENIH MUKUNA (Mucuna bracteata) MELALUI VARIASI SUHU AWAL AIR PERENDAMAN DAN LAMA PERENDAMAN DALAM LARUTAN GIBERELIN (GA3). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK (1).pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab i Pendahuluan)
BAB I. PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab akhir (Penutup dan Saran))
BAB AKHIR (Penutup dan Saran).pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Mahardeva Arief)
SKRIPSI MAHARDEVA ARIEF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tanaman mukuna merupakan salah satu tanaman yang digunakan dalam budidaya tanaman perkebunan, untuk penutup tanah, dan dapat menekan pertumbuhan gulma yang merugikan bagi tanaman perkebunan. Proses perkecambahan benih mukuna sulit untuk dilakukan karena kulit benih yang keras sehingga memiliki sifat dorman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi antara suhu awal air perendaman dan lama perendaman benih dalam larutan giberelin, mengetahui suhu awal air perendaman terbaik, dan lama perendaman benih terbaik dalam larutan giberelin terhadap pematahan dormansi benih mukuna. Penelitian telah dilaksanakan di Laboratorium Teknologi Benih, Fakultas Pertanian Universitas Andalas, pada Bulan Juli sampai September 2020. Rancangan percobaan yang digunakan adalah faktorial 2 faktor dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL). Faktor pertama yaitu variasi suhu awal air perendaman dengan 3 taraf yaitu 500C, 600C dan 700C. Faktor kedua yaitu lama perendaman benih dalam larutan giberelin konsentrasi 300 ppm dengan 3 taraf yaitu 60 menit, 120 menit, dan 180 menit. Data dianalisis menggunakan uji F pada taraf nyata 5%, dan jika uji F hitung lebih besar dari F tabel 5% maka dilanjutkan dengan uji Duncan’s New Multiple Range Test (DNMRT) pada taraf nyata 5%. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat interaksi antara perlakuan variasi suhu awal air perendaman dan lama perendaman benih dalam larutan giberelin terhadap pematahan dormansi benih mukuna. Suhu awal air perendaman terbaik terhadap pematahan dormansi benih mukuna yaitu pada suhu awal air perendaman 700C. Lama perendaman benih dalam larutan giberelin tidak berpengaruh terhadap pematahan dormansi benih mukuna Kata Kunci: Mucuna bracteata, perkebunan, penutup tanah, suhu, larutan giberelin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Nalwida Rozen, MP
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Mucuna bracteata, perkebunan, penutup tanah, suhu, larutan giberelin.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 02 Jul 2021 03:44
Last Modified: 02 Jul 2021 03:44
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/76940

Actions (login required)

View Item View Item