ANALISIS KINERJA ALGORITMA PENJADWALAN SISTEM LOAD BALANCING PADA DATABASE CLUSTER DENGAN TOPOLOGI TUNNELING

Afif, Prasetya (2021) ANALISIS KINERJA ALGORITMA PENJADWALAN SISTEM LOAD BALANCING PADA DATABASE CLUSTER DENGAN TOPOLOGI TUNNELING. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir)
Penutup dan Kesimpulan.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[img] Text (TUGAS AKHIR FULL)
TA AFIF PRASETYA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Tunneling merupakan teknologi yang berfungsi untuk menyediakan sambungan atau koneksi pribadi/private point-to-point melintasi jaringan internet. Seiring dengan berkembangnya zaman penggunaan internet semakin besar sehingga berdampak pada kualitas layanan perusahaan selaku penyedia informasi. Salah satu solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan mengimplementasikan sistem load balancing dengan topologi tunneling menggunakan Linux Virtual Server. Pada linux virtual server terdapat sepuluh algoritma penjadwalan yang berfungsi untuk mendistribusikan request dari client ke server. Pada penelitian ini, diimplementasiklan load balancing pada database cluster dengan topologi tunneling, setelah itu memeilih salah satu dari sepuluh algoritma penjadwalan tersebut berdasarkan parameter response time dan throughput. Hasil penelitian menunjukan algoritma penjadwalan yang terbaik dan terefektif yang diterapkan pada layanan database cluster dengan topologi tunneling adalah algoritma penjadwalan Shortest Expected Delay (SED) berdasarkan sifat dan kinerja algoritma penjadwalan pada parameter sistem jaringan, yang memiliki nilai rata-rata response time sebesar 0,1028 detik dan memiliki nilai throughput rata-rata sebesar 27.297,6 bps.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Darmawan, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Tunneling, Load Balancing, Linux Virtual Server, Algoritma Penjadwalan, Response Time, Throughput
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 07 Jul 2021 07:02
Last Modified: 07 Jul 2021 07:02
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/76932

Actions (login required)

View Item View Item