PENGARUH MULSA PLASTIK DAN PESTISIDA TERHADAP KANDUNGAN DAN FRAKSI BAHAN ORGANIK TANAH YANG DITANAMI SECARA POLIKULTUR PADA LAHAN VULKANIS GUNUNG MARAPI SUMATERA BARAT

Annisa, Rachim (2021) PENGARUH MULSA PLASTIK DAN PESTISIDA TERHADAP KANDUNGAN DAN FRAKSI BAHAN ORGANIK TANAH YANG DITANAMI SECARA POLIKULTUR PADA LAHAN VULKANIS GUNUNG MARAPI SUMATERA BARAT. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. cover dan abstrak new upload.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
2. BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V Kesimpulan dan Saran)
3. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (311kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Utuh)
5. SKRIPSI UTUH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pemakaian mulsa plastik dan pestisida memiliki dampak terhadap fraksi bahan organik tanah. Penelitian ini bertujuan melihat pengaruh interaksi penggunaan mulsa plastik dan pestisida, pengaruh utama mulsa plastik, dan pengaruh utama pestisida terhadap kandungan dan fraksi bahan organik tanah yang ditanami secara polikultur pada lahan vulkanis Gunung Marapi. Penelitian telah dilaksanakan pada bulan Oktober 2019 hingga Agustus 2020 di Lahan petani Nagari Paninjauan kecamatan X Koto Kabupaten Tanah Datar dan analisis tanah dilakukan di Laboratorium Kimia Tanah Jurusan Tanah Fakultas Pertanian Universitas Andalas. Penelitian ini dilakukan menggunakan faktorial 2 x 2 dengan 3 kali ulangan dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Faktor pertama yang digunakan adalah mulsa plastik dan faktor kedua yaitu pestisida. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tidak terdapat interaksi antara pemberian mulsa plastik dan pestisida terhadap kandungan dan fraksi bahan organik tanah. (2) Pemberian mulsa plastik hanya berpengaruh terhadap nilai N total tanah. Penggunaan mulsa plastik dapat meningkatkan kandungan N Total tanah sebanyak 0,36%. (3) Pemberian pestisida dapat menurunkan C organik tanah sebanyak 0,5%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Hermansah, MS., MSc
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Fraksi bahan organik, lahan vulkanis, mulsa plastik, pestisida
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Ilmu Tanah
Depositing User: s1 ilmu tanah
Date Deposited: 30 Jun 2021 04:25
Last Modified: 30 Jun 2021 04:25
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/76742

Actions (login required)

View Item View Item