Komunikasi Persuasif Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Sumatera Barat pada Anak Muda dalam Rekrutmen Anggota Partai Solidaritas Indonesia di Sumatera Barat

Indah, Sartika (2021) Komunikasi Persuasif Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Sumatera Barat pada Anak Muda dalam Rekrutmen Anggota Partai Solidaritas Indonesia di Sumatera Barat. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
Tugas Akhir Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Minat anak muda atau generasi milenial Indonesia terhadap politik yang begitu rendah bertolak belakang dengan Partai Solidaritas Indonesia sebagai partai baru yang berani menjadikan anak muda sebagai pengendara utama partainya. Partai Solidaritas Indonesia Sumatera Barat berhasil merekrut anggota partai yang didominasi oleh anak muda terbukti dengan jumlah calon legislatif pada pemilu 2019 yang berusia di bawah 35 tahun atau sebanyak 76 persen. Hal ini menjadi landasan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana upaya komunikasi persuasif Partai Solidaritas Indonesia Sumatera Barat pada anak muda dalam rekrutmen anggotanya. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan metode pendekatan eksplanatif. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori Retorika Undangan oleh Foss dan Foss dan teori Konvergensi Simbolis oleh Bormann. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan juga dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam rekrutmen anggotanya pada anak muda Partai Solidaritas Indonesia Sumatera Barat melakukan komunikasi persuasif melalui tatap muka dan melalui media sosial hingga media luar ruang yaitu papan iklan. Persuasi secara tatap muka dilakukan dengan menyampaikan pesan-pesan berupa motivasi yang dapat merubah persepsi hingga perilaku anak muda terkait politik. Komunikasi melalui media sosial dilakukan melalui media sosial facebook, twitter dan instagram milik partai dan akun pribadi pengurus. Upaya persuasi menggunakan media sosial lebih banyak menarik perhatian anak muda dibanding dengan persuasi tatap muka. Media luar ruang juga dimanfaatkan yaitu papan iklan. Pada proses persuasinya Partai Solidaritas Indonesia Sumatera Barat menemukan hambatan yang berasal dari internal partai dan juga eksternal yaitu anak muda yang sedang dipersuasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Emeraldy Chatra, M.I.Kom
Uncontrolled Keywords: Rekrutmen Politik, Anak Muda, Komunikasi Persuasif, Partai Solidaritas Indonesia Sumatera Barat Rekrutmen Politik, Anak Muda, Komunikasi Persuasif, Partai Solidaritas Indonesia Sumatera Barat
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 25 Jun 2021 04:11
Last Modified: 25 Jun 2021 04:11
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/76721

Actions (login required)

View Item View Item