ANALISIS REGRESI LOGISTIK BAYESIAN UNTUK MEMODELKAN TINGKAT KEPATUHAN MASYARAKAT SUMATERA BARAT DALAM PENERAPAN PSBB COVID-19

Olivia, Atika (2021) ANALISIS REGRESI LOGISTIK BAYESIAN UNTUK MEMODELKAN TINGKAT KEPATUHAN MASYARAKAT SUMATERA BARAT DALAM PENERAPAN PSBB COVID-19. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover+abstrak.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I (Pendahuluan))
Bab 1 pendahuluan.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab AKhir (Penutup/Kesimpulan))
Bab akhir penutup .pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana model tingkat kepatuhan masyarakat Sumatera Barat dalam penerapan PSBB selama masa pandemi COVID-19. Untuk memenuhi tujuan tersebut digunakan metode regresi logistik ordinal dan metode Bayesian. Metode Bayesian merupakan salah satu teknik pendugaan parameter yang menggabungkan fungsi likelihood dan distribusi prior sehingga diperoleh distribusi posterior yang akan digunakan untuk menduga parameter model. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang di peroleh dari kuesioner online (https://bit.ly/Survei-Masyarakat-Sumbar) yang dilakukan oleh Tim Tanggap Darurat COVID-19 FISIP Universitas Andalas bekerja sama dengan Balitbang Provinsi Sumatera Barat yang disebar dari bulan Maret - Mei 2020 dengan jumlah sampel sebanyak 164 sampel. Dari penelitian ini diperoleh dua peubah bebas yang berpengaruh signifikan terhadap tingkat kepatuhan masyarakat Sumatera Barat dalam penerapan PSBB selama masa pandemi COVID-19 yaitu, kekhawatiran terhadap kesehatan diri sendiri dan kekhawatiran akan ketersedian bahan pangan. Dengan nilai Odds ratio untuk kekhawatiran terhadap kesehatan diri sendiri dengan kategori sedikit khawatir sebesar 6.994, untuk kategori cukup khawatir sebesar 0.203 dan untuk kekhawatiran terkait ketersedian bahan pangan dengan kategori tidak khawatir memiliki nilai Odds ratio sebesar 0.350. Pada penelitian ini juga diperoleh nilai hit ratio dari model yang dihasilkan yaitu sebsar 69.51%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model yang terbentuk sudah layak digunakan untuk mengetahui kepatuhan masyarakat Sumatera Barat dalam penerapan PSBB selama masa pandemi COVID-19.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ferra Yanuar
Uncontrolled Keywords: Tingkat Kepatuhan, COVID-19, Regresi Logistik Ordinal, Metode Bayesian, Odds Ratio, Hit Ratio.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: s1 matematika matematika
Date Deposited: 24 Jun 2021 06:49
Last Modified: 24 Jun 2021 06:49
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/76696

Actions (login required)

View Item View Item