PENILAIAN KERENTANAN SEISMIK PADA JEMBATAN PRESTRESS CONCRETE I (PCI) GIRDER TIGA BENTANG DI KURANJI - PADANG MELALUI PENGEMBANGAN KURVA FRAGILITAS ANALITIK

RAHMADONA, RAHMADONA and MASRILAYANTI, MASRILAYANTI and RUDDY, RUDDY KURNIAWAN (2020) PENILAIAN KERENTANAN SEISMIK PADA JEMBATAN PRESTRESS CONCRETE I (PCI) GIRDER TIGA BENTANG DI KURANJI - PADANG MELALUI PENGEMBANGAN KURVA FRAGILITAS ANALITIK. Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (Cover)
1. cover.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
2. bab 1 pendahuluan.pdf - Published Version

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5 Kesimpulan)
3. bab 5 kesimpulan.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Tesis Full)
5. full tesis.pdf - Published Version

Download (57MB) | Preview

Abstract

Jembatan memegang peran penting sebagai jaringan jalan penghubung untuk kegiatan tanggap darurat dan rute evakuasi pada saat maupun setelah gempa. Jembatan juga merupakan rute utama untuk mengangkut barang komoditas. Jembatan Multi Span PCI (PCI) yang terletak pada zona rawan gempa, Jalan Bypass, Desa Kuranji, Provinsi Sumatera Barat-Indonesia, adalah salah satu jembatan penting. Ini adalah rute utama dari Pelabuhan Teluk Bayur. Selain itu, jembatan ini direncanakan sebelum 2016 dimana beban gempa rencananya lebih kecil dari gempa rencana yang disyaratkan oleh peraturan terbaru. Oleh karena itu, untuk mengetahui tingkat kerusakan yang mungkin terjadi akibat gempa pada jembatan, perlu ada alat, yaitu kurva fragilitas yang dikembangkan dengan menggunakan fungsi distribusi lognormal berdasarkan respon struktural dari analisis pushover dan analisis dinamis nonlinier riwayat waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketika spektrum respose target terjadi, kategori kerusakan jembatan berdasarkan pengelompokkan HAZUS adalah kategori Moderate. Kemudian, dari kurva fragilitas yang telah dikembangkan, probabilitas tingkat kerusakan terlampaui berdasarkan kategori HAZUS untuk kerusakan sligt, extensive, complete juga dapat diketahui. Kata Kunci : kurva fragilitas, gempa, pushover, riwayat waktu, jembatan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TG Bridge engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s2 teknik sipil
Date Deposited: 01 Jul 2021 01:23
Last Modified: 01 Jul 2021 01:23
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/76655

Actions (login required)

View Item View Item