ANALISIS PROFITABILITAS USAHA PETERNAKAN ITIK PETELUR (Studi Kasus Peternakan Itik Atar di Biaro Gadang, Kecamatan Ampek Angkek, Kabupaten Agam)

Muhammad, Imam Fauzan (2021) ANALISIS PROFITABILITAS USAHA PETERNAKAN ITIK PETELUR (Studi Kasus Peternakan Itik Atar di Biaro Gadang, Kecamatan Ampek Angkek, Kabupaten Agam). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (483kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (464kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengelolaan usaha serta profitabilitas usaha peternakan itik petelur. Penelitian ini dilakukan di Peternakan Itik Atar di Nagari Biaro Gadang Kecamatan Ampek Angkek, Kabupaten Agam dengan metode studi kasus dan analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Responden pada penelitian ini yaitu pemilik peternakan. Data yang digunakan adalah data primer yang didapatkan dari hasil wawancara, dan data sekunder berupa catatan/recording pemilik usaha. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Peternakan Itik Atar memelihara itik pada periode ini dengan 3 jenis itik yaitu itik Alabio, Mojosari, dan Hibrida pada umur grower. Populasi pada periode usaha ini yaitu sebanyak 500 ekor. Kandang pada peternakan ini menggunakan tipe kandang ranch. Pakan yang diberikan yaitu pakan komersil atau pakan pabrik. Pemberian air minum dilakukan secara ad liblitum. Pemasaran hasil produksi dilakukan dengan 3 (tiga) cara yaitu 1) dijual di kandang dimana konsumen datang ke kandang langsung ke kandang, 2) dijual ke pedagang pengumpul, 3) dijual ke warung makan, restoran, atau skotang yang ada di Kota Bukittinggi, Sungai Pua, dan disekitar lingkungan peternakan. Angka Revenue / Cost (R/C) di Peternakan Itik Atar yaitu 1,69, Nilai Gross Profit Margin (GPM) Peternakan Itik Atar yaitu 41% serta Nilai Operating Profit Marginnya (OPM) 40 %. Kata Kunci : Profitabilitas, Itik Petelur, Produktivitas

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. H. Jafrinur MSP
Uncontrolled Keywords: Profitabilitas, Itik Petelur, Produktivitas
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 23 Jun 2021 08:46
Last Modified: 23 Jun 2021 08:46
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/76651

Actions (login required)

View Item View Item