KARAKTERISASI FISIOLOGIS ISOLAT RIZOBAKTERI DAN PENGARUHNYA PADA PERKECAMBAHAN DAN PERTUMBUHAN AWAL BIJI GULMA BAYAM DURI (Amaranthus spinosus L.)

Ronauli, Fernandes Simanjuntak (2021) KARAKTERISASI FISIOLOGIS ISOLAT RIZOBAKTERI DAN PENGARUHNYA PADA PERKECAMBAHAN DAN PERTUMBUHAN AWAL BIJI GULMA BAYAM DURI (Amaranthus spinosus L.). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab V)
BAB V .pdf - Published Version

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar pustaka)
DAPUS.pdf - Published Version

Download (259kB) | Preview
[img] Text (Skripsi FullText)
skripsi full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Rizobakteri merupakan kelompok bakteri yang dapat meningkatkan kualitas pertumbuhan tanaman baik secara langsung maupun tidak langsung. Rizobakteri memberikan efek antagonis terhadap patogen tanaman melalui beberapa cara yaitu produksi siderofor, enzim kitinase, parasitisme, kompetisi sumber nutrisi serta menginduksi ketahanan tanaman secara sistemik. Karakterisasi dilakukan untuk mengetahui sifat fisiologis dari rizobakteri yang memacu pertumbuhan tanaman dan berpotensi mempengaruhi dinamika populasi gulma. Tujuan penelitian untuk mendapatkan karakter fisiologis isolat rizobakteri dan pengaruhnya terhadap perkecambahan danpertumbuhan awal gulma Amaranthus spinosus L. Karakterisasi dilakukan dengan metode deskriptif dan perkecambahan gulma menggunakan Rancangan Acak Lengkap dengn 7 perlakuan dan 3 ulangan, yang dilaksanakan di Laboraturium Mikrobiologi Fakultas Pertanian, Universitas Andalas. Data hasil pengamatan dianalisis dengan uji F pada taraf 5% dan uji DMRT pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) isolat uji mampu menghasilkan enzim katalase, lipase, kitinase (2) isolat uji mampu menghasilkan enzim protease dengan indeks mencapai 0,6438 dan enzim selulase dengan indeks mencapai 2,66 (3) suspensi isolat SwL2.2 efektif dalam menghambat pertumbuhan radikula, dan AgL2S3.3 efektif dalam menghambat pertumbuhan tunas Amaranthus spinosus L

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. Irawati, M.Rur. Sc. PhD
Uncontrolled Keywords: rizobakteri, enzim, Amaranthus spinosus L
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 22 Jun 2021 07:28
Last Modified: 22 Jun 2021 07:28
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/76622

Actions (login required)

View Item View Item