PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN PENGGUNA JASA APLIKASI ONLINE SHOPEE YANG DIRUGIKAN DI KOTA PADANG

Padjri, Ramdan Ismail (2021) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN PENGGUNA JASA APLIKASI ONLINE SHOPEE YANG DIRUGIKAN DI KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover_dan_Abstrak.pdf - Published Version

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (639kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV Penutup)
BAB IV Penutup.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (411kB) | Preview
[img] Text (Full Skripsi)
Full_Skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Transaksi jual beli yang berbasis internet telah mereformasi transaksi jual beli yang terjadi secara konvensional, dimana transaksi antara pelaku usaha dengan konsumen yang semula dilakukan secara langsung menjadi transaksi tidak langsung. Salahsatu situs transaksi jual beli online yang sedang berkembang di Indonesia adalah Shopee. Pihak Pemerintah dan Pengelola situs Shopee telah menjamin hak-hak konsumen melalui Undang-Undang maupun melalui kontrak elektronik, tetapi masih terdapat kasus konsumen yang dirugikan dalam transaksi elektronik tersebut. Permasalahan yang dibahas mengenai perlindungan hukum terhadap konsumen yang dirugikan dalam transaksi jual beli pada situs belanja online Shopee dan upaya penyelesaian terhadap konsumen yang dirugikan pada pengguna jasa aplikasi online Shopee. Metode penelitian skripsi ini menggunakan metode penelitian hukum yuridis sosiologis. Penelitian ini bersifat deskriptif analitis. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data adalah data dari studi dokumen dan wawancara yang nilainya relevan dengan permasalahan yang dibahas. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, menunjukkan bahwa pengaturan mengenai perlindungan konsumen dalam transaksi elektronik di Indonesia dapat diakomodasi dengan baik oleh UUPK dan UU ITE serta aturan - aturan hukum terkaitnya yang dibuat oleh pemerintah juga bisa mengacu pada sebuah aturan tertentu yang dibuat oleh Shopee berupa syarat layanan. Syarat layanan ini mengatur penggunaan layanan yang disediakan oleh Shopee. Perlindungan hukum kepada konsumen Shopee telah diakomodir dengan baik melalui ketentuan mengoptimalkan pelayanan, pengajuan tuntutan penggantian kerugian, mengadukan permasalahan tertentu, dan pengaturan mengenai penyelesaian sengketa konsumen. upaya penyelesaian yang disediakan Shopee terhadap konsumen yang dirugikan diantaranya menyediakan sarana pelaporan, dalam hal penjual yang tidak mengirimkan barangnya dalam jangka waktu tertentu, tanggung jawab Shopee apabila terdapat barang yang cacat atau tidak sesuai dengan spesifikasi, penyediaan garansi Shopee, dan penyelesaian sengketa diluar Shopee.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Hj. Ulfanora, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Hukum, Konsumen, E-Commerce
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 22 Jun 2021 07:23
Last Modified: 22 Jun 2021 07:23
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/76596

Actions (login required)

View Item View Item