PERENCANAAN BERBASISKAN KINERJA STRUKTUR BANGUNAN BERTINGKAT PADA DAERAH RAWAN BENCANA GEMPA BUMI (STUDI KASUS : BANGUNAN HOTEL DI BUKITTINGGI)

Ade, Muhammad Nur (2021) PERENCANAAN BERBASISKAN KINERJA STRUKTUR BANGUNAN BERTINGKAT PADA DAERAH RAWAN BENCANA GEMPA BUMI (STUDI KASUS : BANGUNAN HOTEL DI BUKITTINGGI). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (905kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 (Pendahuluan))
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab Akhir (Penutup/Kesimpulan))
BAB V KESIMPULAN.pdf - Published Version

Download (776kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (737kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Ilmiah Utuh)
TA utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)

Abstract

Ketika kita ingin merencanakan bangunan tahan gempa, masalah yang sering terjadi adalah bagaimana mengetahui suatu bangunan yang terkena gempa dapat bertahan, berdeformasi atau malah runtuh secara tiba-tiba. Sementara di peraturan gempa yang ada di Indones ia hanya memberikan syarat minimal sehingga kinerja struktur tersebut tidak diketahui, Maka untuk mengetahui apakah struktur yang didesain tersebut telah mencapai kinerja yang diinginkan, digunakan pushover analysis. Pushover analysis merupakan suatu prosedur analisis untuk mengetahui perilaku keruntuhan suatu bangunan terhadap gempa dengan memberikan suatu pola beban lateral static pada struktur, yang kemudian secara bertahap ditingkatkan dengan pengali sampai satu target perpindahan lateral dari suatu titik acuan tercapai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merencanakan struktur berbasiskan kinerja pada daerah rawan bencana gempa bumi. Penelitian ini menggunakan metode yang dibagi dalam tiga tahap yaitu input, analisis dan output. Yang termasuk dalam tahap input antara lain penentuan material struktur, variable desain, penentuan jenis beban dan permodelan struktur. Pada tahap anlisis yaitu analisis menggunakan pushover analysis untuk mengetahui respons struktur dan tingkat kinerja struktur. Tahap yang terakhir yaitu tahap output yang membahas tentang hasil analisis pushover dengan berdasarkan ATC-40, yang dikeluarkan dalam bentuk grafik dan gambar.Kemudian dari spectrum kapasitas yang dihasilkan dari analisis didapatkan tingkat kinerja gedung. Bangunan ini berada di kota Bukittinggi, jumlah lantai 11 lantai, struktur beton bertulang dengan kuat tekan beton (fc’) 35 Mpa, kuat leleh baja tulangan (fy) 390 Mpa, kuat leleh baja tulangan (fy) 240 Mpa. Taraf kinerja struktur Gedung Hotel Santika Bukittingi untuk kedua arah x dan y menurut ATC-40 termasuk kedalam taraf kinerja Immediate Occupancy yang berarti struktur tidak mengalami kerusakan struktural dan non struktural ketika terjadi gempa sehingga bangunan langsung dapat dipakai kembali.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof Jafril Tanjung, Dr.Eng
Uncontrolled Keywords: bangunan tahan gempa, kinerja struktur, pushover analysis, spektrum kapasitas.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 21 Jun 2021 07:48
Last Modified: 21 Jun 2021 07:48
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/76574

Actions (login required)

View Item View Item