PENGARUH PERBEDAAN JARAK TANAM DAN TINGGI GULUDAN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL BAWANG MERAH (Allium cepa var. ascalonicum L.)

Fathur, Risman (2021) PENGARUH PERBEDAAN JARAK TANAM DAN TINGGI GULUDAN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL BAWANG MERAH (Allium cepa var. ascalonicum L.). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover+abstrak)
COVER UPLOAD.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I fix.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V fix.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA fix.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT fix.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian telah dilaksanakan di Lahan Pertanian Warga di Limau Manis Kec. Pauh, Padang sejak bulan Februari sampai Juni 2020. Penelitian bertujuan untuk mengetahui interaksi jarak tanam dan tinggi guludan pada pertumbuhan dan hasil bawang merah (Allium cepa var.ascalonicum L.) dan mengetahui jarak tanam yang terbaik untuk pertumbuhan dan hasil bawang merah (Allium cepa var.ascalonicum L.) dan mengetahui tinggi guludan yang terbaik untuk pertumbuhan dan hasil bawang merah (Allium cepa var.ascalonicum L.). Metode penelitian berbentuk percobaan lapangan menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) faktorial dengan dua faktor. Faktor pertama yaitu perbedaan jarak tanam dengan empat taraf yaitu 15 cm x 15 cm, 15 cm x 20 cm, 20 cm x 20 cm, dan 10 cm x 20 cm. Faktor kedua yaitu perbedaan tinggi guludan yang terdiri dari dua taraf yaitu 20 cm dan 30 cm. Data di analisis menggunakan uji F taraf 5%, dan F. Perlakuan perbedaan yang signifikan analisis dilanjutkan dengan uji lanjut Duncan’s New Multiple Range Test (DNMRT) pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat interaksi antara perlakuan jarak tanam dan tinggi guludan terhadap pertumbuhan dan hasil bawang merah (Allium cepa var.ascalonicum L.). Perlakuan jarak tanam 15 cm x 15 cm dan tinggi guludan 20 cm memberikan hasil terbaik bila dibandingkan dengan perlakuan lain karena didapatkan rata – rata diameter umbi 18,855 mm. Kata Kunci : Bawang merah, jarak tanam, tinggi guludan

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Zulfadly Syarif, MP
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 21 Jun 2021 07:23
Last Modified: 21 Jun 2021 07:23
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/76573

Actions (login required)

View Item View Item