ANALISIS KELAYAKAN FINANSIAL USAHA TANI BUAH NAGA (Hylocereus sp.) DI NAGARI ARIPAN, KECAMATAN X KOTO SINGKARAK, KABUPATEN SOLOK

Dwi, Rahmadhani Lismana (2021) ANALISIS KELAYAKAN FINANSIAL USAHA TANI BUAH NAGA (Hylocereus sp.) DI NAGARI ARIPAN, KECAMATAN X KOTO SINGKARAK, KABUPATEN SOLOK. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
skripsi full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan profil usahatani buah naga (2) menganalisis kelayakan finansial usahatani buah naga di Nagari Aripan, Kecamatan X Koto Singkarak. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode survei dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling yang mewakili setiap umur tanaman dari umur 1 sampai 5 tahun. Hasil penelitian menunjukan Analisis kelayakan finansial usahatani buah naga di Nagari Aripan layak untuk dilaksanakan pada tingkat suku bunga 7%, berdasarkan analisa kriteria investasi diperoleh nilai B/C ratio 2,34 (B/C>1, berarti layak), nilai NPV Rp 451.461.477,884 (NPV>0, berarti layak) dan nilai IRR 31,75% (IRR>OCC, berarti layak). Pada analisa payback periode diperoleh 5 tahun 4 bulan untuk mengembalikan investasi yang ditanamkan. Analisis sensitivitas penurunan benefit 11% diperoleh hasil IRR 26,8% (IRR>OCC) artinya usaha masih layak untuk dilaksanakan. Analisis sensitivitas kenaikan biaya 1,4% diperoleh hasil IRR 31,5% (IRR>OCC) artinya usaha masih layak untuk dilaksanakan. Analisis sensitivitas penurunan benefit 11% dan kenaikan biaya 1,4% diperoleh hasil IRR 26,8% (IRR>OCC) artinya usaha masih layak untuk dilaksanakan. Adapun saran yang diberikan adalah (1) Pada kegiatan budidaya buah naga, sebaiknya petani lebih memperhatikan petunjuk teknis budidaya yang dikeluarkan oleh Kementerian Pertanian. Beberapa kegiatan budidaya seperti pemupukan dan pengendalian hama dan penyakit belum sesuai dengan petunjuk teknis sehingga perlu diperhatikan agar hasil yang diperoleh petani lebih maksimal lagi. (2) Usahatani buah naga di Nagari Aripan dilihat dari aspek finansial layak untuk dilanjutkan, sehingga disarankan kepada petani untuk tetap mengembangkan usahatani buah naga di Nagari Aripan, Kecamatan X Koto Singakarak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Yusmarni, SP., M.Sc
Uncontrolled Keywords: usahatani buah naga, analisis kelayakan finansial, analisis sensitivitas
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 21 Jun 2021 07:11
Last Modified: 21 Jun 2021 07:11
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/76557

Actions (login required)

View Item View Item