ANALISIS DAYA DUKUNG DAN PENURUNAN FONDASI BANGUNAN 3 LANTAI DI GEDUNG PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MAKRO UNIVERSITAS ANDALAS

M. Abdur, Reza Riski (2021) ANALISIS DAYA DUKUNG DAN PENURUNAN FONDASI BANGUNAN 3 LANTAI DI GEDUNG PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MAKRO UNIVERSITAS ANDALAS. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER AND ABSTRACT)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text (PENDAHULUAN)
10. BAB I.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (PENUTUP)
14. BAB V.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
15. daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img] Text
TUGAS AKHIR ILMIAH UTUH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pondasi merupakan suatu bagian dari kontruksi bangunan yang berfungsi meneruskan beban yang disalurkan dari struktur atas ke tanah dasar pondasi yang cukup kuat menahan tanpa terjadi differential settlementpada sistem strukturnya. Pondasiharus diperhitungkan untuk dapat menjaminkestabilan bangunan terhadap berat sendiri,beban-beban bangunan, gaya-gaya luar seperti beban gempa.Disamping itu, tidak boleh terjadi penurunan melebihi batas yang diijinkan.Pondasi bangunan harus diletakkan pada lapisan tanah yangcukup keras, padat, dan kuat mendukung beban bangunan tanpa menimbulkan penurunan yangberlebihan. Karena dampak yang ditimbulkan berupa keruntuhan gedung akan sangat merugikan semua pihak. Keruntuhan gedung maupun sarana lain sering terjadi akibat perencanaan pondasi bangunan yang tidak memadai antara kapasitas dengan beban yang bekerja, baik beban dari bangunan maupun beban dari luar yang mempengaruhi ketahanan pondasi tersebut.Kemudian dilakukan pengecekan terhadap kapasitas kuat tekan pada kolom dan geser pada balok. Untuk analisa struktur bawah dilakukan evaluasi terhadap daya dukung pondasi tiang pancang yang sudah direncanakan menggunakan metode daya dukung tiang tunggal dilakukan pengecekan penurunan tiang pada pondasi. Dari data N-SPT tanah yang didapat dari lapangan dan beban struktur serta beban gempa dapat dilakukan analisis terhadap kapasitas fondasi tiang dan penurunan tiang. Kapasitas pondasi yang digunakan telah mampu menahan beban yang bekerja, baik beban dari gedung itu sendiri maupun beban gempa. Serta penurunan tiang pondasi masih dalam batas toleransi penurunan tiang yaitu 25 mm. Jadi, gedung 3 Lantai di Daerah Universitas Andalas Padang inisudah memenuhi syarat yang diijinkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Rina Yuliet M.T
Uncontrolled Keywords: Gempa, Kapasitas Struktur, Fondasi, Penuruna
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 21 Jun 2021 03:18
Last Modified: 21 Jun 2021 03:18
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/76554

Actions (login required)

View Item View Item