EFEKTIVITAS PENGGUNAAN CLOSED CIRCUIT TELEVISION (CCTV) SEBAGAI SALAH SATU UPAYA PENYIDIK UNTUK MENGUNGKAP TINDAK PIDANA PENCURIAN (Studi di Wilayah Hukum Polresta Padang)

Fadhil, Andika Satria (2021) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN CLOSED CIRCUIT TELEVISION (CCTV) SEBAGAI SALAH SATU UPAYA PENYIDIK UNTUK MENGUNGKAP TINDAK PIDANA PENCURIAN (Studi di Wilayah Hukum Polresta Padang). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
(Cover dan Abstrak).pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
(BAB I Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (514kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV Penutup)
(BAB IV Penutup).pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
(Skripsi Full Text).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pada Dasarnya efektivitas hukum merupakan proses yang bertujuan agar supaya hukum berlaku efektif. berbagai bentuk kendala dan tantangan bagi penyidik dalam mengungkap bentuk kejahatan yang terjadi di masyarakat. Bentuk kejahatan yang dimaksud adalah tindak pidana pencurian. Munculnya teknologi dan informasi yang berkembang dengan pesat menjadi salah satu tantangan bagi penyidik untuk menggunakan maupun mengolahnya dan juga dapat memberikan kemudahan untuk mengungkap sebuah kejahatan, salah satu perkembangan teknologi yang dapat dimanfaatkan yakni CCTV yang digunakan penyidik kepolisian sebagai sarana untuk mengungkap bentuk kejahatan pencurian dan berfungsi sebagai alat pemantau. Berdasarkan uraian latar belakang, permasalahan yang akan dikaji dalam penulisan ini adalah : Bagaimana efektivitas penggunaan Closed Circuit Television sebagai salah satu upaya penyidik Polresta Padang untuk mengungkap tindak pidana pencurian, Apa saja kendala yang dihadapi penyidik Polresta Padang dalam penggunaan Closed Circuit Television untuk mengungkap tindak pidana pencurian, Bagaimana upaya penyidik Polresta Padang dalam mengatasi kendala terhadap penggunaan Closed Circuit Television untuk mengungkap tindak pidana pencurian. Metode penelitian yang digunakan adalah yuridis sosiologis (empiris), yaitu metode pendekatan masalah dengan melihat hukum positif yang dihubungkan dengan kenyataan yang terjadi di lapangan. Penelitian ini bersifat deskriptif analitis. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan, wawancara, studi dokumen, dan penelitian pustaka. berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil yakni efektivitas penggunaan CCTV bagi penyidik untuk membantu dalam proses penyidikan untuk mengungkap tindak pidana pencurian dan CCTV sebagai acuan untuk tindakan preventif dan tindakan represif terhadap fakta dan data terkait suatu kejahatan pencurian. Adapun kendala yang dialami penyidik menggunakan CCTV tersebut yakni, beberapa penyidik kurang memahami menggunakan CCTV, penggunaan CCTV belum aktif digunakan merata di Polresta Padang, gambar yang kurang jelas serta memori penyimpanan terbatas. berbagai kendala yang dialami tersebut penyidik Polresta Padang melakukan upaya diantaranya, menjalin kerjasama dengan berbagai pihak salah satunya memanggil ahli IT (information technology) Kata Kunci : Efektivitas, Closed Circuit Television, Tindak Pidana, Pencurian, Penyidik, Penyidikan, IT (information technology)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Nelwitis, S.H., M.H
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 16 Jun 2021 07:36
Last Modified: 16 Jun 2021 07:36
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/76475

Actions (login required)

View Item View Item