Penerapan Partial Least Squares-Structural Equation Modeling Untuk Menganalisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kualitas Ilearn Berdasarkan Instrumen Webqual 4.0

Wulandari, Frilianda (2021) Penerapan Partial Least Squares-Structural Equation Modeling Untuk Menganalisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kualitas Ilearn Berdasarkan Instrumen Webqual 4.0. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER+ABSTRAK)
1. COVER + ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 PENUTUP)
3. BAB 5 PENUTUP.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL)
5. SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Proses pembelajaran yang lazimnya dilakukan secara langsung (luring) tidak dapat dilakukan dikarenakan terjadinya kendala seperti adanya pandemi Covid-19, sehingga pembelajaran harus dilakukan secara daring. Universitas Andalas menerapkan Learning Management System (LMS) dengan penamaan iLearn sebagai sarana pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas iLearn terhadap tingkat kepuasan mahasiswa. Kualitas iLearn diukur dengan instrumen WebQual 4.0 yang terdiri atas tiga variabel yaitu variabel kegunaan (usability), kualitas informasI (information quality), dan kualitas interaksi layanan (service interaction quality ). Untuk menganalisis hubungan antara ketiga variabel WebQual 4.0 dengan tingkat kepuasan mahasiswa digunakan metode Partial Least Squares -Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Data sampel penelitian yang digunakan meliputi 100 orang mahasiswa jurusan Matematika Universitas Andalas yang terdaftar di iLearn. Berdasarkan analisis data menggunakan metode PLS-SEM diperoleh model persamaan struktural tingkat kepuasan mahasiswa yaitu Y4 = 0,391Y1 + 0,100Y2 + 0,347Y3. Dari model ini, dapat diketahui bahwa variabel yang signi_kan mempengaruhi Tingkat Kepuasan Mahasiswa (Y4) adalah variabel Kegunaan (Y1) dan Kualitas Interaksi Layanan (Y3). Sedangkan variabel Kualitas Informasi(Y2) memiliki signi_kansi yang rendah dalam mempengaruhi tingkat kepuasan mahasiswa terhadap iLearn.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: IZZATI RAHMI HG, M.Si
Uncontrolled Keywords: WebQual 4.0, PLS-SEM, Tingkat Kepuasan Mahasiswa
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: s1 matematika matematika
Date Deposited: 01 Jul 2021 03:27
Last Modified: 01 Jul 2021 03:27
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/76426

Actions (login required)

View Item View Item