Studi Hubungan Volume, Kecepatan, Dan Kepadatan Lalu Lintas Terhadap Persentase Volume Sepeda Motor Pada Jalan Terbagi

Luthfi, Larama Dista (2020) Studi Hubungan Volume, Kecepatan, Dan Kepadatan Lalu Lintas Terhadap Persentase Volume Sepeda Motor Pada Jalan Terbagi. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (674kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB11.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
LUTHFI LARAMA DISTA (1610921001).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Pertumbuhan sepeda motor yang sangat tinggi dapat mempengaruhi kinerja lalu lintas, sehingga jalan-jalan di Sumatera Barat memerlukan perhatian khusus dikarenakan parameter lalu lintas saat ini belum mempertimbangkan pengaruh perubahan proporsi sepeda motor. Perkembangan jumlah kendaraan bermotor di Kota Padang pada tahun 2013 sampai 2016 mengalami peningkatan pada masing-masing moda transportasi dengan rata-rata persentase sebesar 110% dimana jumlah pada moda jenis sepeda motor dengan persentase peningkatan sebesar 11%. Studi ini dilakukan di tiga ruas jalan, yaitu Jalan Prof. Dr. Hamka, Jalan Khatib Sulaiman, dan Jalan Bypass selama 1 hari survey untuk satu jalan yang dilakukan pada jam 06.00-18.00. Penelitian ini menggunakan metoda perekaman menggunakan kamera hp atau handycam. Untuk menghitung kecepatan digunakan aplikasi avidemux. Penelitian ini menggambarkan hubungan antara persentase volume sepeda motor dengan volume, kecepatan, dan kepadatan. Dengan menggunakan model hubungan arus lalu lintas, yaitu Greenshield, Greenberg, dan Underwood, hubungan arus lalu lintas dianalisa dengan 3 kelas persentase volume sepeda motor. Dengan mencari hubungan matematis antara volume-kecepatan-kepadatan dan koefisien determinasi (R^2) yang tertitinggi. Pada Jalan Prof. Dr. Hamka model yang terbaik digunakan adalah model Greenberg dikarenakan nilai korelasinya mendekati 1 dengan nilai R^2=0,894, pada Jalan Bypass model yang terbaik digunakan adalah model Greenberg dikarenakan nilai korelasinya tertinggi dengan nilai R^2=0,866. Dari hasil penelitian di jalan Prof. Dr. Hamka didapatkan jumlah persentase volume sepeda motor tertinggi adalah 70%, sedangkan persentase volume sepeda motor terendah adalah 53%. Pada jalan Bypass didapatkan jumlah persentase volume sepeda motor tertinggi adalah 76%, sedangkan persentase volume sepeda motor terendah adalah 52%. Berdasarkan persentase volume sepeda motor tersebut untuk analisis didapatkan sebanyak 3 kelas, yaitu :50%-59%, 60%-69%, 70%-79%. Pada perhitungan analisa jika ketiga jalan digabungkan dan digunakan persentase volume sepeda motor permodelan yang paling terbaik terjadi pada persentase (70%-79%) adalah model Underwood dengan nilai R^2=0,991, dikarenakan nilai R^2≤1.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. TITI KURNIATI, M.T
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci :Greenshield, Greenberg, Underwood, Persentase Volume Sepeda Motor.
Subjects: A General Works > AZ History of Scholarship The Humanities
G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 15 Jun 2021 05:02
Last Modified: 15 Jun 2021 05:02
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/76415

Actions (login required)

View Item View Item