EFEKTIVITAS Trichoderma harzianum DAN GA3 TERHADAP PEMATAHAN DORMANSI DAN PERKECAMBAHAN BENIH AREN (Arenga pinnata (Wumb) Merr.)

Puja, Ardiana (2021) EFEKTIVITAS Trichoderma harzianum DAN GA3 TERHADAP PEMATAHAN DORMANSI DAN PERKECAMBAHAN BENIH AREN (Arenga pinnata (Wumb) Merr.). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I. PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (Skripsi Fulltext)
SKRIPSI FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Benih aren secara alami memiliki masa dormansi biji yang cukup lama, hal ini disebabkan oleh struktur kulit benih yang keras sehingga sulit menyerap air untuk berkecambah. Dormansi benih dapat diatasi dengan memberikan perlakuan secara fisik, mekanis, dan secara kimia. Penelitian ini bertujuan untuk ; Mengetahui interaksi antaraTrichoderma harzianum dengan GA3 terhadap pematahan dormansi dan perkecambahan benih aren, mendapatkan konsentrasi GA3 yang efektif terhadap pematahan dormansi dan perkecambahan benih aren, dan mendapatkan waktu perendaman benih aren dengan Trichoderma harzianumyang efektif terhadap pematahan dormansi dan perkecambahan benih aren. Dalam penelitian ini dormansi benih diatasi secara kimia yaitu perendaman dengan larutan GA3 dengan konsentrasi 100 ppm dan 150 ppm selama 24 jam dan lama pelumuran dengan biakan Trichoderma harzianum selama 0 jam, 5 jam, 10 jam, 15 jam dan 20 jam. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan Faktorial yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 2 faktor dan 3 ulangan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat interaksi antara pemberian konsentrasi GA3 dengan lama pelumuran benih aren pada Trichoderma harzianum terhadap pematahan dormansi dan perkecambahan benih aren yaitu pada GA3 150 ppm dengan lama pelumuran 5 jam untuk waktu patah dormansi, GA3 150 ppm dengan lama pelumuran 20 jam untuk mengurangi kecambah abnormal benih aren, dan lama pelumuran 10 jam untuk meningkatkan daya kecambah benih aren.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.Ir. Nalwida Rozen, MP
Uncontrolled Keywords: Aren, dormansi. perkecambahan, Trichoderma harzianum, GA3
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 17 Jun 2021 03:20
Last Modified: 17 Jun 2021 03:20
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/76407

Actions (login required)

View Item View Item