HUBUNGAN KOMPETENSI KOMUNIKASI DOSEN DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA UNIVERSITAS ANDALAS

Nadia, Adela (2021) HUBUNGAN KOMPETENSI KOMUNIKASI DOSEN DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA UNIVERSITAS ANDALAS. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab i)
2. Bab 1 Pendahuluan.pdf - Accepted Version

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab akhir)
3. Bab akhir.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (339kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir)
5. Tugas Akhir-converted.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (872kB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Nadia Adela Program Studi : Ilmu Komunikasi Judul : Hubungan Kompetensi Komunikasi Dosen dan Fasilitas Belajar terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Universitas Andalas Pendidikan dipandang sebagai salah satu aspek yang memiliki peranan pokok dalam membentuk generasi masa depan. Motivasi menjadi faktor yang berhubungan untuk mewujudkan keberhasilan pendidikan. Motivasi yang kuat akan menumbuhkan semangat, dan perasaan senang untuk belajar. Adapun faktor yang perlu diperhatikan untuk motivasi belajar mahasiswa dalam penelitian ini adalah kompetensi komunikasi dosen dan fasilitas belajar yang dimiliki. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional yang bertujuan menganalisis bagaimana hubungan kompetensi komunikasi dan fasilitas belajar terhadap motivasi belajar mahasiswa. Penelitian dilakukan di Universitas Andalas dengan menggunakan 71 responden sebagai sampel. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori SOR. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan SPSS menunjukan bahwa kompetensi komunikasi dan fasilitas belajar baik secara parsial maupun bersama-sama memiliki hubungan yang positif dan signifikan terhadap motivasi belajar. Hasil penelitian ini memberikan gambaran bahwa dalam upaya meningkatkan motivasi belajar, maka faktor kompetensi komunikasi dan fasilitas belajar harus diperhatikan, karena secara empiris terdapat hubungan yang signifikan terhadap motivasi belajar mahasiswa. Kata Kunci: Kompetensi Komunikasi, Fasilitas Belajar, Motivasi

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 ilmu komunikasi
Date Deposited: 11 Jun 2021 09:26
Last Modified: 11 Jun 2021 09:26
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/76374

Actions (login required)

View Item View Item