PEMENUHAN HAK NARAPIDANA BERUPA HAK MENDAPATKAN KUNJUNGAN KELUARGA MELALUI VIDEO CONFERENCE PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS III SULIKI

Aprialdo Putra, Tegar (2021) PEMENUHAN HAK NARAPIDANA BERUPA HAK MENDAPATKAN KUNJUNGAN KELUARGA MELALUI VIDEO CONFERENCE PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS III SULIKI. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I.pdf - Published Version

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV Penutup)
Bab IV.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripdi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Lembaga Pemasyarakatan merupakan tempat untuk melaksanakan pembinaan terhadap Narapidana dan Anak Didik Pemasyarakatan. Dalam pelaksanaan pembinaan bagi Narapidana ada hak-hak Narapidana yang wajib untuk dipenuhi. Salah satunya adalah hak untuk mendapatkan kunjungan keluarga, penasehat hukum dan orang tertentu lainnya,hal ini diatur pada Pasal 14 huruf h Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1995 Tentang Pemasyarakatan. Mengingat kondisi ditengah pandemi COVID-19 sekarang ini, maka Direktorat Jenderal Pemasyarakatan RI mengeluarkan Surat Edaran yang mengatur terkait kebijakan kunjungan bagi Narapidana ditiadakan dan diganti dengan kunjungan online berbasis Video Conference. Terhadap penerapan kunjungan online ini terdapat beberapa hambatan yang dijumpai oleh Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Suliki. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah: Bagaimana Pelaksanaan Pemenuhan Hak Narapidana Berupa Hak Mendapatkan Kunjungan Keluarga Melalui Video Conference Pada Masa Pandemi COVID-19 Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Suliki?, Apa Saja Kendala-Kendala Yang Dihadapi Dalam Pelaksanaan Pemenuhan Hak Narapidana Berupa Hak Mendapatkan Kunjungan Keluarga Melalui Video Conference Pada Masa Pandemi COVID-19 Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Suliki Dan Upaya Mengatasinya?. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian yuridis empiris dengan sifat penelitian deskriptif. Untuk data yang diperlukan bersumber dari data primer dan data sekunder yang diambil dari studi terhadap dokumen dan wawancara di Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Suliki. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa pelaksanaan pelayanan kunjungan bagi Narapidana yang belum terlaksana secara optimal sesuai intruksi Surat Edaran Direktorat Jenderal Pemasyarakatan. Belum optimalnya pelaksanaan hak ini disebabkan karena beberapa kendala seperti gangguan koneksi internet, minimnya sarana dan prasarana, SOP yang ditetapkan secara mandiri oleh pihak lapas dan keluhan dari pihak keluarga Narapidana yang kurang setuju dengan layanan kunjungan online tersebut. Dengan demikian maka sangat berpengaruh bagi pembinaan terhadap Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Suliki dalam hal mendapatkan kunjungan keluarga baik secara teknis maupun secara psikologis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 08 Jun 2021 06:55
Last Modified: 08 Jun 2021 06:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/76297

Actions (login required)

View Item View Item