Pengaruh Pemberian Fraksi Etil Asetat Daun Surian (Toona Sureni (Bl) Merr) Terhadap Tekanan Darah Tikus Putih Jantan Yang Mengalami Pendarahan

Ayu, Amelia (2021) Pengaruh Pemberian Fraksi Etil Asetat Daun Surian (Toona Sureni (Bl) Merr) Terhadap Tekanan Darah Tikus Putih Jantan Yang Mengalami Pendarahan. Other thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Skripsi - Ayu Amelia (Cover & Abstrak).pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
Surat Keterangan.pdf - Published Version

Download (782kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Skripsi - Ayu Amelia (Daftar Pustaka).pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview

Abstract

Tumbuhan Surian (Toona sureni (Bl) Merr.) merupakan salah satu tumbuhan obat tradiosional yang telah digunakan sebagai astringen, tonikum, obat diare kronis, disentri dan penyakit usus lainnya. Masyarakat Sumatera Barat di daerah Solok, menggunakan daun surian ini untuk memulihkan kesehatan sehabis pendarahan setelah melahirkan. Pada pendarahan sistim homoestatis tubuh melakukan umpan balik negatif, sehingga menyebabkan tekanan darah menjadi normal dan mencegah penyebab kematian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi dosis dan lama pemberian fraksi etil aset daun surian terhadap tekanan darah tikus putih jantan. Digunakan 12 ekor tikus putih jantan yang dibagi menjadi 4 kelompok. Kelompok 1 merupakan kontrol negatif yang diberi Na CMC 0,5%, kelompok 2, 3 dan 4 diberikan fraksi etil asetat daun surian dengan dosis 50, 100 dan 200 mg/kgBB selama 14 hari. Tekanan darah tikus diukur sengan alat CODA. Hasil penelitian menunjukan pemberian fraksi etil asetat daun surian pada hari ke-7 tidak ada perbedaan tekanan darah dengan kontrol, ini dapat dikatakan pemberian fraksi tidak mempengaruhi tekanan darah sistol dan diastol tetapi pada hari ke-14 terlihat pemberian fraksi etil asetat dosis 50 dan 200 mg/kgBB ada terlihat penurunan tekanan darah, Tetapi pada ANOVA dua arah menunjukan tidak berbeda signifikan (p>0,05). lama pemberian berpengaruh nyata menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik tikus putih jantan (p<0,05) dibandingkan terhadap kontrol.

Item Type: Thesis (Other)
Primary Supervisor: Dr. apt. Suhatri, Msi
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: s1 Fakultas Farmasi
Date Deposited: 02 Jun 2021 03:19
Last Modified: 17 Jun 2021 02:59
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/76112

Actions (login required)

View Item View Item