Pengaruh Pemberian Fraksi Etil Asetat Daun Surian (Toona Sureni (Bl) Merr) Terhadap Kadar Natrium, Kalium Dalam Darah Tikus Putih Jantan Yang Mengalami Pendarahan.

pratiwi, Pratiwi Sugarman Putri (2021) Pengaruh Pemberian Fraksi Etil Asetat Daun Surian (Toona Sureni (Bl) Merr) Terhadap Kadar Natrium, Kalium Dalam Darah Tikus Putih Jantan Yang Mengalami Pendarahan. Other thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Skripsi - Pratiwi Sugarman Putri (Cover & Abstrak).pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
Surat Keterangan..pdf - Published Version

Download (467kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Skripsi - Pratiwi Sugarman Putri (Daftar Pustaka).pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview

Abstract

Tumbuhan surian (Toona Sureni (B1) Merr) adalah salah satu tumbuhan yang berkualitas tinggi sehingga dalam bidang kesehatan punya potensi yang besar untuk dikembangkan sebagai bahan obat. Secara tradisional masyarakat sumatera barat di daerah Solok, menggunakan daun surian ini untuk memulihkan kesehatan setelah melahirkan. Saat melahirkan terjadi perdarahan yang akan menurunkan cairan intravascular pada tubuh dan juga akan berdampak pada terganggunya keseimbang cairan elektrolit pada tubuh. Ketika elektrolit-elektrolit ini tidak seimbang akan mengganggu fungsi tubuh normal. Pada penelitian ini diteliti pengaruh pemberian fraksi etil asetat daun surian (Toona Sureni (Bl) Merr) terhadap kadar Na+ dan K+ di dalam darah tikus putih jantan yang diukur dengan alat spektrofotometri serapan atom. Hewan percobaan dibagi atas 4 kelompok yang terdiri dari Na CMC 0,5%, fraksi etil asetat daun surian dengan dosis 50 mg/kgBB, 100 mg/kgBB, 200 mg/kgBB. Pemberian zat uji dilakukan dengan secara oral selama 14 hari. Analisis kadar natrium dan kalium dilakukan pengolahan data dengan menggunakan ANOVA dua arah. Terlihat bahwa faktor lama pemberian dari fraksi etil asetat daun surian memiliki pengaruh nyata (P<0,05) terhadap kadar natrium dan kalium dimana pada kadar natrium mengalami penurunan pada hari ke 14 dan pada kadar kalium terjadi kenaikan pada hari ke-14.

Item Type: Thesis (Other)
Primary Supervisor: Dr. apt. Suhatri, Msi
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: s1 Fakultas Farmasi
Date Deposited: 02 Jun 2021 03:18
Last Modified: 17 Jun 2021 02:57
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/76110

Actions (login required)

View Item View Item