Evaluasi Kelengkapan Penulisan Catatan Perkembangan Pasien Terintegrasi (Cppt) Apoteker Pada Tiga ( 3 ) Staf Medis Fungsional (Smf) Dasar Di Rumah Sakit Achmad Moechtar Bukittinggi Dan Rumah Sakit Stroke Nasional Bukittinggi

Hariani, Ayunda (2021) Evaluasi Kelengkapan Penulisan Catatan Perkembangan Pasien Terintegrasi (Cppt) Apoteker Pada Tiga ( 3 ) Staf Medis Fungsional (Smf) Dasar Di Rumah Sakit Achmad Moechtar Bukittinggi Dan Rumah Sakit Stroke Nasional Bukittinggi. Diploma thesis, universitas andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan abstrak)
Cover dan Abstrak.docx.pdf - Published Version

Download (565kB) | Preview
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (410kB)
[img] Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
BAB V (Kesimpulan dan Saran).docx.pdf - Published Version

Download (205kB)
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.docx.pdf - Published Version

Download (389kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL)
Skripsi full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Catatan Perkembangan Pasien Terintegrasi (CPPT) adalah dokumentasi yang dilakukan oleh tenaga profesional pelayanan kesehatan tentang perkembangan kondisi pasien dalam bentuk terintegrasi pada format baku di dalam rekam medis pasien yang menggunakan metode SOAP (Subjektif, Objektif, Assesment, Plan). Kelengkapan dalam penulisan CPPT dapat mempengaruhi kualitas perawatan pasien dan hasil terapi yang telah diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari profil penulisan CPPT Apoteker di 3 SMF Dasar pada Rumah Sakit Achmad Mochtar Bukittinggi (RSAM) dan Rumah Sakit Stroke Nasional Bukittinggi (RSSN). Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Pengambilan data dilakukan secara retrospektif dari rekam medis pasien tahun 2019 dengan melihat CPPT Apoteker di 3 SMF dasar pada RSAM dan RSSN Bukittinggi. Teknik pengumpulan sampel menggunakan bantuan Raosoft-Sample Calculator. Semua sampel yang ada pada Raosoft-Sample Calculator diambil dan diteliti untuk dijadikan sampel penelitian. Sebanyak 289 rekam medis yang diambil dari RSSN, terdapat 252 rekam medis yang memuat CPPT Apoteker didalamnya sedangkan 37 rekam medis lainnya tidak terdapat CPPT Apoteker. Dari 252 rekam medis ini didapatkan hasil yaitu 148 (58,7%) rekam medis memiliki CPPT Apoteker yang lengkap dan 104 (41,3%) rekam medis memiliki CPPT Apoteker yg tidak lengkap. Pada RSAM didapatkan data sebanyak 359 rekam medis. Diantara 359 rekam medis tersebut, terdapat 160 rekam medis yang memuat CPPT Apoteker sedangkan 199 rekam medis lainnya tidak memuat CPPT Apoteker. Dari 160 rekam medis didapatkan hasil yaitu 106 (66,3%) rekam medis memiliki CPPT apoteker yang lengkap dan 54 (33,8) rekam medis memiliki CPPT Apoteker yang tidak lengkap. Kata kunci : Catatan Perkembangan Pasien Terintegrasi (CPPT), SOAP (Subjektif, Assesment, Plan) , Rekam Medis, 3 SMF dasar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. apt. Hansen Nasif, Sp.FRS
Uncontrolled Keywords: Catatan Perkembangan Pasien Terintegrasi (CPPT), SOAP (Subjektif, Assesment, Plan) , Rekam Medis, 3 SMF dasar.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: s1 Fakultas Farmasi
Date Deposited: 02 Jun 2021 02:31
Last Modified: 02 Feb 2023 03:22
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/76097

Actions (login required)

View Item View Item