Perancangan Portofolio Saham Dan Pengukuran Kinerja Portofolio Untuk Menetukan Keputusan Investasi (Studi Kasus : Saham Indeks IDX 30)

Wahyu, Dian Desnita.N (2021) Perancangan Portofolio Saham Dan Pengukuran Kinerja Portofolio Untuk Menetukan Keputusan Investasi (Studi Kasus : Saham Indeks IDX 30). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (651kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (489kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab VI Penutup)
Bab VI (Penutup).pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (327kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Tugas Akhir Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Investasi adalah cara menabung investor dengan penanaman modal pada aset sekarang dengan cita-cita mendapat keuntungan dimasa mendatang. Investor cenderung melakukan investasi pada aset finansial. Karena aset finansial memiliki likuiditas yang lebih tinggi daripada aset real. Aset finansial berupa saham, obligasi dan lain sebagainya. Namun ringkasan perdagangan pasar modal menunjukkan investor cenderung investasi pada saham. Perlu mempertimbangkan return dan risiko dalam investasi. Portofolio dilakukan agar risiko dapat disebar sehingga terbentuk portofolio optimal yang memberikan return terbaik. Kondisi pasar modal dipengaruhi keadaan negara . Saat ini Indonesia masih menghadapi pandemi covid 19 yang mempengaruhi ekonomi. Pengaruh pasar modal yaitu penurunan harga saham (IHSG). Turunnya harga saham menjadi peluang bagi investor untuk investasi. Terbukti dengan meningkatnya jumlah investor sekitar 21,66% dari tahun sebelumnya. Penelitian dilakukan pada saham indeks IDX 30 karena memiliki tingkat likuiditas yang tinggi serta performa perusahaan yang baik. Pembentukan portofolio dengan metode Single Index Model. Hasil penelitian diperoleh lima saham kandidat portofolio yaitu PTBA, ICBP, TOWR, INKP dan ERAA. Kelima saham ini dibentuk menjadi tiga portofolio. Portofolio A menghasilkan return 0.0396 dan risiko 0.1125. Portofolio B mengasilkan return 0.0292 dan risiko 0.1907. Portofolio C menghasilkan return 0.0425 dan risiko 0.1344. Portofolio B dinyatakan tidak layak karena nilai return paling rendah namun risiko paling tinggi. Portofolio A cocok bagi investor yang hati-hati terhadap risiko sedangkan protofolio C cocok bagi investor yang pengambil risiko. Berdasarkan penilaian kinerja dengan Indeks Sharpe, diperoleh portofolio A lebih baik kinerjanya, disusul portofolio C dan portofolio B . Sehingga investor direkomendasikan untuk investasi pada saham portofolio A. Kata Kunci : Investasi, Pasar Modal, Portofolio, Return, Risiko

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir Alizar Hasan, MSIE., M.Eng
Uncontrolled Keywords: Investasi, Pasar Modal, Portofolio, Return, Risiko
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: S1 Teknik Industri
Date Deposited: 14 Jun 2021 04:17
Last Modified: 14 Jun 2021 04:17
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/76093

Actions (login required)

View Item View Item