INVESTIGASI DAN ANALISIS EMPIRIS DAN PRAKTEK AKUNTANSI KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH ( STUDI PADA PEMERINTAH KABUPATEN/KOTA SE-SUMATERA)

vera, wydia utami (2020) INVESTIGASI DAN ANALISIS EMPIRIS DAN PRAKTEK AKUNTANSI KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH ( STUDI PADA PEMERINTAH KABUPATEN/KOTA SE-SUMATERA). Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK VERA.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA ( VERA WYDIA UTAMI ).pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I VERA.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V VERA.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img] Text (THESIS FULL TEXT)
VERA WYDIA UTAMI 1720532027.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (685kB)

Abstract

ABSTRAK Reformasi akuntansi sektor publik dan akuntansi pemerintahan telah diadopsi di berbagai negara. Banyak penelitian telah mencoba untuk menjelaskan reformasi akuntansi. Beberapa diantaranya fokus terhadap isu pengungkapan tetapi sangat terbatas studi-studi yang mencoba untuk menjelaskan reformasi akuntansi pemerintahan yang menekankan pada isu teknis akuntansi dan transparansi. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi secara empiris sudah sampai pada tingkatan mana praktek akuntansi praktek akuntansi keuangan pemerintah daerah khususnya di Kabupaten/Kota se-Sumatera setelah diwajibkannya penerapan akuntansi berbasis akrual di Indonesia dan menguji secara empiris penilaian pengaruh variabel-variabel faktor sosioekonomi, faktor politik dan faktor eksternal berpengaruh terhadap praktek akuntansi keuangan pemerintahan daerah (LKPD) Kabupaten/ Kota Se-Sumatera. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Laporan Keuangan Pemerintahan Daerah tahun 2018 yang diperoleh dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) dan berbagai data lainnya. Data kemudian dianalisis menggunakan analisis regresi partial (Partial Keast Square/ PLS) dengan software SmartPLS 3.0. Hasil penelitian ini secara umum menunjukkan bahwa praktik akuntansi keuangan pemerintah daerah berada dalam kondisi yang cukup memuaskan yaitu 79,8%. Hasil penelitian ini juga memperlihatkan bahwa bahwa hanya faktor eksternal yang mempunyai pengaruh signifikan secara statistik terhadap praktek akuntansi keuangan pemerintahan daerah. Hal tersebut membuktikan bahwa faktor eksternal terbukti memiliki pengaruh terhadap praktek akuntansi pemerintah daerah.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr.FAUZAN MISRA, S.E., M.Sc.,Ak.,CA.,BKP
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pemerintah Daerah, Praktik Akuntansi Keuangan, Indeks Kepatuhan, Kondisi Sosioekonomi, Faktor Politik, dan Faktor Eksternal.
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: S1 Akuntansi Akuntansi
Date Deposited: 28 May 2021 03:49
Last Modified: 28 May 2021 03:49
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/76017

Actions (login required)

View Item View Item