PERILAKU TEGANGAN IN SITU PADA LAPISAN PASIR YANG BERADA DIATAS LAPISAN BATU PECAH DENGAN REMBESAN ARAH KEATAS PADA VARIASI DEBIT

Fajri, Azeni Putra (2021) PERILAKU TEGANGAN IN SITU PADA LAPISAN PASIR YANG BERADA DIATAS LAPISAN BATU PECAH DENGAN REMBESAN ARAH KEATAS PADA VARIASI DEBIT. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 Penutup)
Bab Akhir.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Ilmiah Utuh)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Aliran air arah ke atas akan mempengaruhi tegangan efektif yang terjadi pada massa tanah. Pada aliran air arah ke atas (Upward Seepage), air akan mengangkat partikel tanah ke atas dan mengurangi tekanan intergranular pada tanah yang mengakibatkan tanah mengalami pengurangan daya ikatnya karena kelebihan tekanan air pori (Excess Pore Water Pressure, EPWP) yang dapat menyebabkan keruntuhan pada tanah. Aliran air arah keatas dapat menyebabkan fenomena sand boiling. Sand boiling adalah kondisi dimana tegangan sama dengan nol yang menyebabkan stabilitas dari tanah menjadi hilang. Fenomena ini biasanya terjadi pada pasir lepas jenuh air. Fenomena sand boiling ini dapat menjadi suatu pertanda bahwa suatu daerah berpotensi mengalami likuefaksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku tegangan in situ pada lapisan pasir diatas lapisan batu pecah pada variasi debit tertentu. Penelitian ini juga bertujuan untuk mendapatkan grafik hubungan antara tegangan efektif terhadap waktu pada variasi debit aliran. Uji analisis saringan, uji geser langsung dan uji berat volume untuk mendapatkan nilai kepadatan relative (Dr) dari sampel tanah, kemudian uji model dilakukan dengan menggunakan tangki likuefaksi. Tangki likuefaksi dihubungkan dengan piezometer untuk membaca tinggi tekan (pressure head). Aliran air arah ke atas diberikan dengan cara menghidupkan pompa air pada variasi debit aliran yag diatur menggunakan flowmeter. Variasi debit yang digunakan pada pengujian kali ini adalah 26 LPM, 35 LPM, dan 48 LPM. Hasil uji klasifikasi tanah menggunakan sistem kalsifikasi tanah terpadu (Unified Soil Classifivcation System, USCS) didapatkan jenis tanah pasir bergradasi buruk dan berbutir lepas. Nilai Dr dari pasir didapatkan sebesar 26,168%. Dari hasil uji model dapat disimpulkan bahwa semakin besar debit aliran maka semakin besar penurunan tegangan efektif dan fenomena pasir mendidih (sand boiling) terjadi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Rina Yuliet, M.T.
Uncontrolled Keywords: Sand boiling, Tegangan Efektif, Pressure Head, Tekanan Air Pori, Rembesan Arah Keatas
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 25 May 2021 08:24
Last Modified: 25 May 2021 08:24
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/75898

Actions (login required)

View Item View Item