PENERAPAN BUILDING INFORMATION MODELLING (BIM) PADA PEKERJAAN QUANTITY TAKE-OFF MENGGUNAKAN SOFTWARE TEKLA STRUCTURES 2020 (Studi Kasus: Gedung F Fakultas Dakwah & Komunikasi Kampus III UIN Imam Bonjol Padang)

Muhammad, Rafky Kautsar (2021) PENERAPAN BUILDING INFORMATION MODELLING (BIM) PADA PEKERJAAN QUANTITY TAKE-OFF MENGGUNAKAN SOFTWARE TEKLA STRUCTURES 2020 (Studi Kasus: Gedung F Fakultas Dakwah & Komunikasi Kampus III UIN Imam Bonjol Padang). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V Kesimpulan)
Bab V Kesimpulan.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Revolusi industri 4.0 saat ini telah memasuki seluruh sendi-sendi kehidupan bangsa, tidak terkecuali juga pada penyelenggaraan Pembangunan Infrastruktur. Salah satu terobosan di bidang teknologi yang mampu mendukung Pembangunan Infrastruktur yaitu Building Information Modeling (BIM). BIM pada dasarnya merupakan representasi digital dari karakter fisik dan karakter fungsional suatu bangunan (atau objek BIM) dengan berbagai tujuan, diantaranya untuk pemodelan, menghitung volume pekerjaan, memprediksi biaya, penjadwalan, simulasi pekerjaan, dan lain sebagainya. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana melakukan pekerjaan quantity take-off yang diawali dengan memodelkan bangunan Gedung F Kampus III UIN Imam Bonjol Padang yang merupakan objek untuk studi kasus pada penelitian ini dengan menggunakan software BIM yaitu Tekla Structures 2020. Untuk memodelkan bangunan tersebut diperlukan data Detail Engineering Design, setelah model dibuat maka dilakukan review terhadap model tersebut menggunakan fitur Clash Check yang ada pada Tekla Structures. Dengan menggunakan fitur Organizer maka dapat dilakukan perhitungan volume setiap komponen yang ada pada model, lalu hasil perhitungan tersebut dibandingkan dengan hasil perhitungan dari Bill of Quantity (BoQ) yang telah ada ataupun dilanjutkan untuk menentukan biaya dari item-item pekerjaan yang ada. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui adanya kelebihan dan kekurangan penggunaan Tekla Structures 2020 pada pekerjaan quantity take-off.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Benny Hidayat, Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Building Information Modeling, Quantity Take-Off, Tekla Structures.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 27 May 2021 08:12
Last Modified: 27 May 2021 08:12
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/75888

Actions (login required)

View Item View Item