STRATEGI PENGEMBANGAN PARIWISATA HALAL DI SUMATRA BARAT

Khairunnisa, Aswidra (2021) STRATEGI PENGEMBANGAN PARIWISATA HALAL DI SUMATRA BARAT. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1_Cover & Abstrak_TA Khairunnisa Aswidra.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
2_Bab I_TA Khairunnisa Aswidra.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab Akhir Kesimpulan dan Saran)
3_Bab Penutup_TA Khairunnisa Aswidra.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4_Daftar Pustaka_Khairunnisa Aswidra.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
5_Lengkap_TA Khairunnisa Aswidra.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Peran sektor pariwisata semakin penting dalam perekonomian Indonesia terutama pada kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) dan devisa negara. Sektor ini juga ditargetkan pemerintah akan terus meningkat. Berbagai kebijakan telah dilakukan pemerintah dalam upaya mencapai target, salah satunya kebijakan pengembangan wisata halal. Wisata halal saat ini menjadi tren dan diminati dalam industri pariwisata dunia. Pemerintah telah memilih tiga provinsi prioritas dalam pengembangan wisata halal. Salah satu provinsi yang terpilih adalah provinsi Sumatra Barat. Sumatera Barat terpilih sebagai destinasi wisata halal prioritas Indonesia karena pemerintah Indonesia menilai Sumatra Barat memiliki potensi dalam pengembangan pariwisata halal. Sumatra Barat juga mempunyai falsafah adat basandi sarak, sarak basandi kitabullah. Sumatra Barat harus mengejar ketertinggalan dalam pengembangan wisata halal. Tentu pelaksanaan kebijakan ini membutuhkan dukungan dari berbagai pihak, baik dari masyarakat dan pemerintah Sumatra Barat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesiapan Sumatra Barat sebagai destinasi wisata halal dunia. Penelitian ini dapat menjadi referensi dan dasar ilmiah bagi pemerintah untuk menentukan arah kebijakan dalam pengembangan wisata halal Sumatra Barat. Lima pakar yang berkontribusi pada penelitian ini yang terdiri dari bidang pemerintahan, praktisi dan akademisi. Tahap pengumpulan data penelitian ini yaitu dengan melakukan studi literatur dan penilaian kuesioner oleh pakar. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Fuzzy Delphi Method (FDM) dan metode Teoriya Resheniya Izobreatatelskikh Zadach (TRIZ). Tujuan penggunaan Fuzzy Delphi Method (FDM) yaitu untuk menentukan peluang dan tantangan pengembangan pariwisata halal di Sumatra Barat. Sedangkan penggunaan metode Teoriya Resheniya Izobreatatelskikh Zadach (TRIZ) bertujuan untuk menentukan usulan strategi agar dapat mengubah tantangan menjadi peluang dalam pengembangan pariwisata halal di Sumatra Barat. Terdapat 11 faktor utama dalam pengembangan pariwisata halal di Sumatra Barat dan 41 sub faktor yang terdiri dari 15 peluang dan 26 tantangan yang mempengaruhi pengembangan pariwisata halal di Sumatra Barat. Tiga tantangan prioritas dalam pengembangan pariwisata halal Sumatra Barat yaitu tingkat kriminal yang terjadi Sumatera Barat, jaminan keselamatan bagi wisatawan yang berkunjung ke Sumatera Barat, dan alokasi APBD Provinsi Sumbar untuk sektor pariwisata masih kecil. Adapun usulan strategi untuk mengatasi 3 tantangan prioritas pengembangan pariwisata halal Sumatra Barat tersebut adalah pemasangan CCTV, penyediaan layanan kesehatan, penyediaan layanan pengaduan tindak kriminal, pengaturan jadwal patroli, peningkatan fasilitas keselamatan, memaksimalkan penggunaan APBD sektor pariwisata, pemasangan papan peringatan bahaya, pekerja wisata pendamping, dan tinjauan berkala terhadap kasus kecelakaan di destinasi wisata halal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Dina Rahmayanti, M.Eng
Uncontrolled Keywords: Sumatra Barat, Pariwisata halal, Fuzzy Delphi Method, dan Teoriya Resheniya Izobreatatelskikh Zadach
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: S1 Teknik Industri
Date Deposited: 10 Jun 2021 07:17
Last Modified: 10 Jun 2021 07:17
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/75870

Actions (login required)

View Item View Item