ANALISIS PENGARUH PROGRAM INDONESIA PINTAR (PIP) TERHADAP PARTISIPASI MURNI SMP DAN SMA SEDERAJAT DI INDONESIA

Pasman, Caniago (2021) ANALISIS PENGARUH PROGRAM INDONESIA PINTAR (PIP) TERHADAP PARTISIPASI MURNI SMP DAN SMA SEDERAJAT DI INDONESIA. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
3. BAB V.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img] Text (Full Text)
5. Tesis_Pasman Caniago_-signed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Program Indonesia Pintar (PIP) merupakan kebijakan pemerintah Indonesia dalam menjamin dan memastikan bahwa semua orang memiliki akses terhadap pendidikan yang berkualitas dan mempunyai kesempatan belajar yang merata di semua jenjang pendidikan. Namun tingkat partisipasi murni jenjang pendidikan SMP dan SMA masih berada di bawah nilai yang ditargetkan oleh pemerintah dalam RPJMN 2015-2019. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kebijakan PIP terhadap probabilita untuk memperoleh pendidikan SMP dan SMA di Indonesia. Penelitian ini menggunakan analisis regresi logistik untuk mengetahui pengaruh PIP terhadap peluang anak usia 13-15 tahun bersekolah SMP sederajat dan peluang anak usia 16-18 tahun bersekolah SMA sederajat di Indonesia. Studi ini menggunakan data anak usia 13-18 tahun yang berasal dari rumah tangga pada kelompok pengeluaran 40 persen terendah pada Susenas 2017 sesuai dengan target PIP berdasarkan Basis Data Terpadu (Basis Data Terpadu / BDT). Penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian PIP pada anak dari rumah tangga kelompok pengeluaran 40 persen terendah secara signifikan dapat meningkatkan peluang anak usia 13-15 tahun untuk bersekolah SMP sederajat dan peluang anak usia 16-18 tahun untuk bersekolah SMA sederajat. PIP mempunyai pengaruh yang lebih besar dan signifikan secara statistik dalam meningkatkan peluang untuk memperoleh pendidikan SMA dibandingkan dengan peluang untuk memperoleh pendidikan SMP sederajat. Pada anak 13-15 tahun, terdapat perbedaan kecenderungan untuk memperoleh pendidikan SMP yang disebabkan oleh faktor interaksi PIP dan pendidikan kepala rumah tangga. Sementara itu, pada anak usia 16-18 tahun, terdapat perbedaan kecenderungan untuk memperoleh pendidikan SMA yang disebabkan oleh faktor interaksi PIP dan jenis kelamin, interaksi PIP dan pendidikan kepala rumah tangga, dan interaksi PIP dan wilayah tempat tinggal.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Elfindri, SE. MA
Uncontrolled Keywords: Program Indonesia Pintar (PIP), Kebijakan Transfer Tunai, Partisipasi Murni, Pendidikan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 perencanaan pembangunan
Date Deposited: 02 Jun 2021 02:32
Last Modified: 02 Jun 2021 02:32
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/75843

Actions (login required)

View Item View Item