GINA, APRIANA (2015) PENGARUH VIDEO SELF MODELING TERHADAP KEMAMPUAN MENYIKAT GIGI PADA ANAK AUTISME SPECTRUM DISORDERS (ASD)DI SEKOLAH KHUSUS AUTISME YPPA PADANG. Diploma thesis, UPT. Perpustakaan Unand.
Text
SKRIPSI .pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Keterbatasan yang dialami oleh anak autisme membuat mereka tidak mampu melakukan menyikat gigi dengan baik dan benar. Video self modelling (VSM) dapat diterapkan sebagai terapi dalam melatih keterampilan pada anak autisme. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh VSM terhadap kemampuan menyikat gigi pada anak autisme di Sekolah Khusus Autisme Yayasan Pengembangan potensi Anak (YPPA). Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen dengan single subject experimental design, jumlah sampel tiga orang. Intervensi yang diberikan berupa VSM tentang menyikat gigi. Data dikumpulkan melalui sebelum dan sesudah intervensi dan maintenance menggunakan lembar observasi menyikat gigi. Data dianalisa dengan menggunakan Visual Analysis of Graphic Data. Hasil sebelum intervensi menunjukan anak memiliki ketidakmampuan dalam menyikat gigi dengan baik dan benar ( ̅=53,84%), setelah intervensi anak mengalami peningkatan ( ̅=87,21%). Hasil maintenance anak mempunyai kemampuan yang menetap dalam menyikat gigi ( ̅=86,1%). Terdapat pengaruh VSM terhadap kemampuan menyikat gigi pada anak autisme. Disarankan untuk penggunaan Video Self Modeling dalam mengajarkan keterampilan lainnya seperti toilet training, personal hygiene. Kata kunci: Autisme, menyikat gigi, Video Self Modeling
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Fakultas Keperawatan |
Depositing User: | Mr Muqtadirurrijal Muqta |
Date Deposited: | 09 Feb 2016 04:21 |
Last Modified: | 09 Feb 2016 04:21 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/758 |
Actions (login required)
View Item |