MOTIF ORANG TUA MENITIPKAN ANAK DI TAMAN PENITIPAN ANAK (TPA) (Studi Kasus di Taman Penitipan Anak Aisyiyah Kota Batusangkar)

gisella, permata adwina (2021) MOTIF ORANG TUA MENITIPKAN ANAK DI TAMAN PENITIPAN ANAK (TPA) (Studi Kasus di Taman Penitipan Anak Aisyiyah Kota Batusangkar). Diploma thesis, universitas andalas.

[img]
Preview
Text
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (584kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV (Kesimpulan dan Saran).pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (316kB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT (3).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK GISELA PERMATA ADWINA. BP 1610812007. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Jurusan Sosiologi Universitas Andalas. Judul Skripsi: Motif Orang Tua Menitipkan Anak di Taman Penitipan Anak (TPA) (Studi Kasus di TPA Aisyiyah Kota Batusangkar) Pembimbing I : Dra. Fachrina, M.Si. Taman Penitipan Anak atau biasa yang disebut dengan TPA merupakan sebuah fasiltas yang disediakan untuk memfasilitasi dan membantu para orang tua yang bekerja untuk mengasuh dan menjaga anaknya. Munculnya keberadaan TPA ini tentu sangat membantu bagi orang tua yang tidak bisa mengurus, mengasuh dan menjaga anaknya. Namun, bagi yang masih tinggal dengan keluarga luas, anak dapat diasuh oleh keluarga luas tersebut. Apalagi pada masyarakat minang yang sebagiannya masih tinggal dengan keluarga luas. Tetapi orang tua tetap memilih menitipkan anaknya ke TPA dibandingkan dengan keluarga luas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tipe pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan wawancara mendalam. Analisis data menggunakan metode deskriptif yaitu data yang diperoleh di lapangan disusun secara sistematis dan disajikan secara deskriptif sehingga dapat memberikan gambaran tentang permasalahan yang ada. Penelitian ini menggunakan teori motif yang dikemungkakan oleh Alfred Schuzt. Gambaran yang akan dideskripsikan adalah mendeskripsikan pengetahuan orang tua tentang penitipan anak serta because motive dan in order to motive orang tua menitipkan anaknya di TPA. Dari hasil penelitian, alasan orang tua menitipkan anak di tpa dibedakan atas dua hal yaitu karena because motive dan in order to motive. Because motive orang tua menitipkan anaknya di TPA diantaranya yaitu karena orang tua bekerja, keluarga luas yang tidak dapat menjaga, serta merasa aman menitipkan anaknya di TPA. Adapun in order to motive dari penelitian adalah agar anak pandai membaca sejak kecil, agar anak lebih mandiri, dan agar anak semakin pintar. Kata Kunci : Taman Penitipan Anak, Because Motive dan In Order to Motive

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dra. Fachrina, M.Si.
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: s1 sosiologi sosiologi
Date Deposited: 21 May 2021 08:37
Last Modified: 21 May 2021 08:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/75770

Actions (login required)

View Item View Item