HUBUNGAN ANTARA KUALITAS TIDUR DENGAN TINGKAT KONSENTRASI PADA MAHASISWI PRODI S1 KEBIDANAN FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ANDALAS

Raisa, Fajriati (2021) HUBUNGAN ANTARA KUALITAS TIDUR DENGAN TINGKAT KONSENTRASI PADA MAHASISWI PRODI S1 KEBIDANAN FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ANDALAS. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover Dan Abstrak...pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
Bab I - Pendahuluan.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII - Penutup)
Bab VII - Penutup.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka...pdf

Download (450kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Latar Belakang dan Tujuan Penelitian Konsentrasi adalah pemusatan pikiran terhadap suatu hal dengan mengesampingkan hal-hal lain yang tidak berhubungan, objek yang difokuskan hanya objek yang menjadi target utama konsentrasi. Kemampuan konsentrasi dipengaruhi oleh dua faktor yaitu internal dan eksternal, salah satu faktor internalnya adalah kualitas tidur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kualitas tidur dengan tingkat konsentrasi pada mahasiswi Prodi S1 Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Metode Penelitian ini menggunakan metode cross sectional, dilakukan di Prodi S1 Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas dari bulan Oktober 2020. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswi kebidanan angkatan 2017, 2018 dan 2019 sebanyak 64 orang. Mahasiswi sebagai responden mengisi kuesioner PSQI untuk kualitas tidur dan Concentration Grid Test untuk tingkat konsentrasi. Sampel diambil dengan teknik simple random sampling. Analisis data secara univariat dan bivariat dengan menggunakan analisis chi square (p ≤ 0,05). Hasil Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat konsentrasi baik lebih banyak terjadi pada responden yang memiliki kualitas tidur yang baik (65,0%) dibandingkan dengan kualitas tidur yang buruk (22,8%). Hasil uji statistik menggunakan uji chi square didapatkan p value = 0,005 (p < 0,05) yang berarti adanya hubungan yang signifikan antara kualitas tidur dengan tingkat konsentrasi Kesimpulan Terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas tidur dengan tingkat konsentrasi pada mahasiswi. Oleh sebab itu, diharapkan mahasiswi agar lebih memperhatikan kualitas tidur sehingga memiliki tingkat konsentrasi yang baik. Daftar Pustaka : 58 (2006– 2020)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Firdawati, M.Kes, PhD
Uncontrolled Keywords: Tingkat Konsentrasi, Kualitas Tidur, PSQI, Concentration Grid Test
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: s1 kebidanan kebidanan
Date Deposited: 21 May 2021 02:39
Last Modified: 21 May 2021 02:39
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/75659

Actions (login required)

View Item View Item