PENAMBAHAN TEPUNG DAUN SIRIH (Piper betle Linn.) DALAM PAKAN TERHADAP KONSUMSI RANSUM, PERTAMBAHAN BOBOT BADAN, DAN KONVERSI RANSUM ITIK KAMANG

Suci, Handayani (2021) PENAMBAHAN TEPUNG DAUN SIRIH (Piper betle Linn.) DALAM PAKAN TERHADAP KONSUMSI RANSUM, PERTAMBAHAN BOBOT BADAN, DAN KONVERSI RANSUM ITIK KAMANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover_dan_Abstrak[1].pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
Bab_I_Pendahuluan[1].pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 Penutup)
Bab_5_Penutup[1].pdf - Published Version

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka[1].pdf - Published Version

Download (291kB) | Preview
[img] Text (skripsi full)
skripsi full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan tepung daun sirih (Piper betle Linn.) dalam pakan terhadap konsumsi ransum, pertambahan bobot badan, dan konversi ransum itik Kamang. Penelitian ini menggunakan 80 ekor DOD (umur satu hari) itik Kamang jantan. Perlakuan dimulai pada anak itik umur 3 minggu sampai dengan umur 8 minggu. Kandang yang digunakan adalah kandang lantai kawat sebanyak 20 unit masing-masing dengan ukuran 70 x 70 x 60 cm. Setiap unit kandang diisi dengan 4 ekor itik Kamang. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan Rancangan Acak Kelompok (RAK) 4 perlakuan dan 5 ulangan terdiri dari A (ransum dengan tepung daun sirih 0%), B (ransum dengan tepung daun sirih1%), C (ransum dengan tepung daun sirih 2%) dan D (ransum dengan tepung daun sirih 3%). Peubah yang diamati adalah konsumsi ransum, pertambahan bobot badan, dan konversi ransum. Pada hasil penelitian ini penambahan tepung daun sirih menunjukkan pengaruh yang sangat nyata (P<0,01) terhadap konsumsi ransum itik kamang dan terhadap pertambahan bobot badan itik Kamang menunjukkan pengaruh yang berbeda nyata (P<0,05). Sedangkan konversi ransum itik Kamang menunjukkan pengaruh tidak berbeda nyata (P>0,05). Kesimpulan penelitian ini adalah penambahan tepung daun sirih (Piper betle Linn.) dalam pakan pada taraf B (1%) menghasilkan performans yang baik dengan konsumsi ransum sebesar 711,84 g/ekor/minggu, pertambahan bobot badan sebesar 183,59 g/ekor/minggu dan konversi ransum sebesar 3,94.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Tertia Delia Nova,MS
Uncontrolled Keywords: Itik Kamang jantan, Tepung daun sirih, Konsumsi ransum, Pertambahan bobot badan, Konversi ransum
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 20 May 2021 08:03
Last Modified: 20 May 2021 08:03
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/75584

Actions (login required)

View Item View Item