PENGARUH PEMBERIAN KOMPOS AMPAS KEMPAAN DAUN GAMBIR DENGAN BIOAKTIVATOR Trichoderma harzianum TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT TANAMAN KAKAO (Theobroma cacao L.)

Chairun, Nisa (2021) PENGARUH PEMBERIAN KOMPOS AMPAS KEMPAAN DAUN GAMBIR DENGAN BIOAKTIVATOR Trichoderma harzianum TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT TANAMAN KAKAO (Theobroma cacao L.). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab1)
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab v)
BAB V (Penutup).pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (311kB) | Preview
[img] Text (skripsi)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Media tanam merupakan komponen utama pada pembibitan, di samping itu ketersediaan tanah marginal di lapangan mulai digunakan sebagai media tanam sehingga perlu dilakukan usaha perbaikan sifat kimia dan peningkatan kandungan unsur hara tanah agar tanaman dapat tumbuh secara optimal. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pupuk kompos ampas kempaan daun gambir dengan bioaktivator Trichoderma harzianum dan dosis terbaiknya terhadap pertumbuhan bibit tanaman kakao (Theobroma cacao L.). Percobaan disusun menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 5 ulangan sehingga diperoleh 25 unit percobaan, setiap unit percobaan terdiri dari 2 tanaman sehingga jumlah tanaman seluruhnya adalah 50 tanaman. Dosis kompos yang digunakan yaitu 0 gram, 100 gram, 200 gram, 300 gram, dan 400 gram per polybag. Variabel yang diamati yaitu tinggi tanaman, diameter batang, jumlah daun, panjang daun, lebar daun, ratio tajuk akar, analisis tanah sebelum dan setelah diberi perlakuan, serta analisis hara kompos. Data hasil pengamatan dianalisis dengan uji F dan dilanjutkan dengan uji Duncan’s New Multiple Range Test (DNMRT) pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan kompos ampas kempaan daun gambir dengan bioaktivator T. harzianum memberikan pengaruh berbeda nyata terhadap pertumbuhan bibit kakao dengan dosis terbaik yaitu 400 g/polybag yang mampu meningkatkan pertumbuhan tinggi tanaman, diameter batang, jumlah daun, panjang daun dan lebar daun bibit kakao. Kata kunci : Bibit kakao, bioaktivator, kompos, ampas kempaan daun gambir, pertumbuhan tanaman

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Irfan Suliansyah, MS
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 21 Jun 2021 02:57
Last Modified: 21 Jun 2021 02:57
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/75577

Actions (login required)

View Item View Item