KONSEKUENSI SOSIAL ANAK BEKERJA DI BAWAH UMUR SEBAGAI BURUH (Studi Kasus di Nagari Sungai Janiah Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok)

media, Paris (2021) KONSEKUENSI SOSIAL ANAK BEKERJA DI BAWAH UMUR SEBAGAI BURUH (Studi Kasus di Nagari Sungai Janiah Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok). Diploma thesis, universitas andalas.

[img]
Preview
Text (cover abstrak)
bebabs pustaka 1 paris.pdf - Published Version

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1 pendahuluan)
bebas pustaka 2 paris.pdf - Published Version

Download (482kB) | Preview
[img]
Preview
Text (kesimpulan)
bebbas pustaka 3.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
bebas pustaka 4.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[img] Text (full teks)
full teks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (991kB)

Abstract

ABSTRAK Media Faris, 1610811003. Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Andalas. Judul Skripsi: Konsekuensi Sosial Anak Bekerja Di Bawah Umur Sebagai Buruh (Studi Kasus Di Nagari Sungai Janiah Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok). Jumlah halaman: 77. Pembimbing I: Drs. Alfitri MS. Masalah pekerja anak sangat memprihatinkan karena merupakan masalah sosial yang harus segera diselesaikan. Di Nagari Sungai Janiah, salah satu pekerjaan yang dilakukan oleh pekerja anak adalah buruh tani. Pekerjaan yang mereka lakukan adalah manyabik, manongkang dan membajak sawah, yang merupakan pekerjaan yang buruk bagi anak-anak karena dapat mengancam pendidikan, waktu rekreasi dan hubungan sosial dengan teman sebaya, keluarga dan orang tua. Oleh karena itu, pertanyaan dari penelitian ini adalah, apa konsekuensi sosial dari anak di bawah umur yang bekerja di Nagari Sungai Janiah? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan konsekuensi sosial pekerja anak di bawah umur di Nagari Sungai Janiah Kabupaten Solok Kecamatan Gungung Talang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan wawancara dengan menggunakan purposive sampling. Analisis data menggunakan metode deskriptif. Sedangkan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori fenomenologi Alfred Schutz untuk menjelaskan konsekuensi pekerja anak. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pekerja anak yang bekerja sebagai buruh tani berdampak buruk pada anak. Dari segi sosial, konsekuensinya adalah pertama-tama pendidikan anak terganggu oleh pekerjaannya, karena tenaga kerja membuat anak-anak pekerja malas pergi ke sekolah, karena energinya terkuras saat bekerja. Kedua, kurangnya waktu untuk bermain dengan teman. Ketiga, kurangnya hubungan antara anak dengan teman sebayanya. Terakhir, hubungan antar anggota keluarga dibatasi. Konsekuensi ekonomi anak-anak di bawah umur sebagai buruh adalah kemampuan untuk menghasilkan pendapatan sendiri. Kata Kunci : Konsekuensi Sosial Anak Di Bawah Umur, Fenomena, Pekerja Anak, Buruh, Konsekuensi Ekonomi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Drs. Alfitri, MS
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Depositing User: s1 sosiologi sosiologi
Date Deposited: 20 May 2021 04:52
Last Modified: 20 May 2021 04:52
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/75556

Actions (login required)

View Item View Item