PERSEPSI DAN PILIHAN POLITIK MASYARAKAT KOTA PADANG MENJELANG PEMILIHAN UMUM GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR SUMATERA BARAT TAHUN 2020

Yetrawati, Yetrawati (2020) PERSEPSI DAN PILIHAN POLITIK MASYARAKAT KOTA PADANG MENJELANG PEMILIHAN UMUM GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR SUMATERA BARAT TAHUN 2020. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (642kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII penutup)
BAB VII PENUTUP.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
SKRIPSI FIX UPLOAD.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Yetrawati, 1510832028, Skripsi dengan judul “Persepsi dan Pilihan Politik Masyarakat Kota Padang Menjelang Pemilihan Umum Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat Tahun 2020”. Sebagai Pembimbing I Dr. Bakaruddin R.MS dan Pembimbing II Mhd. Fajri, MA. Skripsi ini terdiri dari 165 halaman dengan 68 referensi: 24 Buku Teori dan Rujukan, 9 Buku Metode, 7 Skripsi, 7 Jurnal dan 21 Situs Internet. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya pelaksanaan Pemilihan umum kepala daerah serentak yang akan dilaksanakan di akhir tahun 2020, berdasarkan evaluasi terhadap pemilihan umum sebelumnya banyak ditemukan fenomena menarik yang terjadi menjelang pemilihan seperti politik uang dan sebagainya serta banyaknya nama bakal calon yang mengapung kepermukaan dengan berbagai latar belakang. Penelitian ini difokuskan pada persepsi masyarakat Kota Padang terhadap pilihan politik masyarakat pada pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur yang dipengaruhi oleh berbagai faktor pilihan politik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa persepsi dan pilihan politik masyarakat Kota Padang menjelang pemilihan Gubernur Tahun 2020. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori persepsi politik dan teori pilihan politik dengan metode penelitian mix methode yaitu campuran metode kuantitatif dengan kualitatif. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data menggunakan kuesioner dan wawancara mendalam kepada responden, sedangkan analisis menggunakan program SPSS 21.0 dengan analisis data tabulasi silang dan pengujian hipotesis menggunakan Uji Korelasi Kendall Tau. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh tidak searah antara persepsi politik dengan pilihan politik masyarakat Kota Padang. yaitu sebagaian besar masyarakat yang memiliki pilihan politik yang cukup baik dan baik dalam penelitian ini, memiliki persepsi politik yang rendah atau sedang, selanjutnya, responden yang memiliki persepsi politik yang tinggi sebagian besar juga memiliki pilihan politik yang cukup baik dan baik menjelang pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur tahun 2020. Berdasarkan hasil temuan dalam penelitian ini, selain persepsi politik faktor psikologis seperti orientasi terhadap kandidat dengan melihat rekam jejak calon juga menjadi faktor yang menentukan untuk masyarakat dalam menjatuhkan pilihan politiknya. Selanjutnya faktor pilihan rasional juga menjadi salah satu faktor yang cukup menentukan masyarakat dalam memilih calon yaitu dengan melihat visi misi yang akan dibawa oleh calon Gubernur dan Wakil Gubernur pada Pilkada tahun 2020. Kata kunci : Persepsi Politik, Pilihan Politik, Pemilihan Umum, Masyarakat Kota Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Bakaruddin Rosyidi, MS
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: s1 Ilmu politik
Date Deposited: 20 May 2021 06:47
Last Modified: 20 May 2021 06:47
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/75341

Actions (login required)

View Item View Item