FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KUNJUNGAN ANTENATAL CARE PADA IBU HAMIL TRIMESTER 3 DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS LAPAI PADANG

ririn, ririn (2021) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KUNJUNGAN ANTENATAL CARE PADA IBU HAMIL TRIMESTER 3 DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS LAPAI PADANG. Diploma thesis, universitas andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan abstrak)
Cover dan Abstrak 1-dikonversi.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I (PENDAHULUAN) 1-dikonversi.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5)
BAB AKHIR (KESIMPULAN) 1-dikonversi.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA 1-dikonversi.pdf

Download (86kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full teks)
TUGAS AKHIR ILMIAH UTUH 1 (1)-dikonversi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kurangnya kunjungan antenatal care pada ibu hamil akan mengakibatkan kehamilan resiko tinggi dan menimbulkan angka kematian pada ibu dan bayi. Ketidaktahuan dan pemahaman ibu dalam kunjungan antenatal care dapat beresiko pada kehamilan. Dukungan keluarga sangat berperan dalam mendorong minat atau kesediaan ibu untuk mengikuti kunjungan antenatal care. Petugas kesehatan berperan terhadap keberhasilan suatu program atau kegiatan antenatal care. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kunjungan antenatal care pada ibu hamil trimester III di wilayah kerja Puskesmas Lapai Padang Tahun 2020 Penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional, dilakukan di wilayah kerja Puskesmas Lapai Padang dari bulan Februari sampai November 2020. Sampel dalam penelitian ini adalah ibu hamil trimester III sebanyak 56 responden, dengan metode simple random sampling. Analisis data secara univariat dan bivariat dengan menggunakan analisis chi-square (p≤0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurang dari separoh (48,2%) ibu hamil tidak lengkap melakukan kunjungan antenatal care. Kurang dari separoh (46,4%) ibu hamil memiliki tingkat pengetahuan rendah. Kurang dari separoh (41,1%) petugas kesehatan tidak berperan. Kurang dari separoh (39,3%) suami tidak mendukung. Ada hubungan pengetahuan dengan kunjungan antenatal care. Ada hubungan peran petugas kesehatan dengan kunjungan antenatal care. Ada hubungan dukungan suami dengan kunjungan antenatal care. Terdapat hubungan bermakna antara pengetahuan, dukungan suami dan peran petugas kesehatan dengan kunjungan antenatal care. Diharapkan petugas kesehatan lebih meningkatkan lagi pemberian informasi-informasi tentang antenatal care dan melakukan kegiatan-kegiatan ibu hamil yang dilaksanakan di Puskesmas seperti senam hamil dan kelas ibu hamil.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof.DR. Arni Amir,MS
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: s1 kebidanan kebidanan
Date Deposited: 21 May 2021 04:01
Last Modified: 21 May 2021 04:01
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/75281

Actions (login required)

View Item View Item