Analisis Potensi Bahaya Menggunakan Metode HIRADC Sebagai Upaya Pencegahan Kecelakaan Kerja pada Puskesmas Bengkalis Tahun 2020

Wagesti, Prayoga (2021) Analisis Potensi Bahaya Menggunakan Metode HIRADC Sebagai Upaya Pencegahan Kecelakaan Kerja pada Puskesmas Bengkalis Tahun 2020. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan abstrak Prayoga Wagesti.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
BAB 1 Prayoga Wagesti.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 6)
Bab 6 Prayoga Wagesti.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka Prayoga Wagesti.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full)
FILE SKRIPSI PRAYOGA WAGESTI PDF FIX.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Fasilitas kesehatan memiliki risiko tinggi terjadinya kecelakaan kerja. Salah satunya adalah sumber bahaya yang terdapat pada setiap pelayanannya. Upaya preventif dalam mencegah berbagai risiko kecelakaan kerja yaitu dengan melakukan manajemen risiko. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis risiko pada Puskesmas Bengkalis tahun 2020. Desain penelitian ini adalah semi kuantitatif. Penelitian ini berlangsung pada September 2020- Januari 2021. Analisis potensi bahaya dilakukan menggunakan metode HIRADC. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu wawancara, observasi lapangan dan telaah dokumen, Informan yang dipilih sebanyak 13 orang menggunakan teknik purposive sampling. Hasil Identifikasi didapatkan sumber bahaya berasal dari alat sterilisasi, alat medis, bahan kimia, kabel yang berantakan, virus dan mikroorganisme. Penilaian risiko pada Puskesmas Bengkalis terbagi atas 30 risiko sangat tinggi, 47 risiko tinggi, 25 risiko sedang, 27 risiko rendah. Pengendalian yang telah diterapkan berupa penyediaan dan penggunaan APD sesuai standar, penyediaan safety box, perbaikan serta perawatan alat. Terdapat 7-30 sumber bahaya pada tiap pekerjaan. Penilaian risiko pada tiap pelayanan umumnya berisiko tinggi. Pengendalian yang dilakukan belum terlaksana dengan baik. Maka disarankan kepada puskesmas untuk meningkatkan pelatihan K3 tiap pelayanan dan K3 secara umum, perbaikan terhadap peralatan yang ada, penyediaan SOP tiap pelayanan serta pengawasan terhadap K3 secara berkala.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Luthfil Hadi Anshari
Uncontrolled Keywords: Analisis Risiko, HIRADC, Puskesmas
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 18 May 2021 07:31
Last Modified: 18 May 2021 07:31
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/75263

Actions (login required)

View Item View Item