EFISIENSI TEKNIS USAHATANI DAN PENGOLAHAN GETAH GAMBIR (Uncaria gambir Roxb) DI KECAMATAN MUNGKA KABUPATEN LIMA PULUH KOTA

Fauziah, Fauziah (2021) EFISIENSI TEKNIS USAHATANI DAN PENGOLAHAN GETAH GAMBIR (Uncaria gambir Roxb) DI KECAMATAN MUNGKA KABUPATEN LIMA PULUH KOTA. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (305kB) | Preview
[img] Text (Full Tesis)
FULL TESIS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas gambir, menganalisis tingkat efisiensi teknis usahatani dan pengolahan getah gambir serta menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi efisiensi teknis usahatani dan pengolahan getah gambir. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Mungka pada Bulan Mei sampai Juni 2020 dengan metode yang digunakan adalah metode survey. Sampel yang digunakan adalah 46 responden. Data dianalisis menggunakan fungsi produksi stochastic frontier Cobb Douglas. Hasil penelitian menunjukkan Faktor-faktor yang berpengaruh secara signifikan terhadap produktivitas gambir di Kecamatan Mungka adalah tenaga kerja, pupuk NPK, umur tanaman, dan varietas sedangkan jumlah pohon tidak berpengaruh signifikan. Faktor pupuk NPK, tenaga kerja, umur tanaman, dan varietas berdampak positif terhadap produktivitas gambir. Tingkat efisiensi teknis usahatani dan pengolahan getah gambir di Kecamatan Mungka mulai dari 0.38 sampai 0.99 dengan rata-rata tingkat efisiensi teknis adalah 0.82. Tingkat efisiensi teknis pada teknologi pengolahan menggunakan alat kempa dongkrak hidrolik mempunyai rata-rata tingkat efisiensi teknis 0.87 sedangkan teknologi alat kempa dongkrak rata-rata tingkat efisiensi teknisnya 0.81. Faktor yang mempengaruhi efisiensi teknis secara signifikan adalah usia dan pengalaman usahatani. Petani yang usianya lebih tua akan mempunyai tingkat efisiensi teknis yang lebih tinggi dibandingkan usia muda. Semakin rendah pengalaman usahatani maka semakin efisien petani secara teknis. Adapun saran kepada petani untuk menggunakan input-input produksi secara optimal sehingga dapat meningkatkan produktivitas gambir, seperti petani dapat menggunakan pupuk kimia untuk meningkatkan produksi gambir.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Hasnah, SP. MEc. Ph. D
Uncontrolled Keywords: gambir, efisiensi teknis, stochastic frontier Cobb Douglass
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 ilmu ekonomi pertanian
Date Deposited: 09 Jul 2021 03:13
Last Modified: 09 Jul 2021 03:13
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/75129

Actions (login required)

View Item View Item