STUDI NUMERIK KINERJA BALOK KASTELA DENGAN VARIASI JARAK ANTAR LUBANG DAN DIAMETER PADA BENTUK LINGKARAN

Helfial, Arrizky (2021) STUDI NUMERIK KINERJA BALOK KASTELA DENGAN VARIASI JARAK ANTAR LUBANG DAN DIAMETER PADA BENTUK LINGKARAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
8 BAB I.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab VI)
13 BAB VI.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
14 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Konstruksi baja merupakan bahan alternatif dalam pembangunan struktur teknik sipil. Hal ini dikarenakan material baja memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan bahan konstruksi lainnya. Baja kastela merupakan salah satu bentuk inovasi dalam pemanfaatan baja dalam struktur gedung. Analisis yang dilakukan dalam penelitian ini mengasumsikan hubungan tegangan-material yang digunakan mengikuti perilaku elasto-plastis. Studi dilakukan terhadap pengaruh variasi jarak antar lubang dan diameter lingkaran pada balok kastela. Pada penelitian ini digunakan baja IWF 150.100.6.9 yang akan diubah menjadi balok kastela tipe lingkaran dengan 3 bentuk variasi diameter lingkaran dan jarak antar lubang yang berbeda. Perletakan yang digunakan pada penilitian ini adalah jepit-jepit, dengan panjang bentang balok 6,5 meter. Mutu material yang digunakan memiliki tegangan leleh (fy) 300 MPa dan tegangan ultimit (fu) 450 MPa. Pembebanan diberikan secara statis monotonik di tengah bentang balok sampai tercapai kondisi ultimit pada penampang. Dalam desain permodelan struktur pada penilitian ini digunakan perangkat lunak MSC Patran dan analisa atau proses running menggunakan aplikasi MSC Nastran. Hasil running akan direkapitulasi dan diplotkan pada Microsoft Excel dalam bentuk grafik untuk dianalisa dari segi kekuatan, kekakuan dan daktilitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Masrilayanti, Ph.D Jati Sunaryati, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Profil Baja, Castelallted Beam, Lingkaran, Kantilever, Variasi diameter lingkaran, Variasi jarak antar lubang
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 07 May 2021 03:55
Last Modified: 07 May 2021 03:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/75103

Actions (login required)

View Item View Item