KAJIAN LITERATUR ANALISIS RISIKO KESELAMATAN KERJA DENGAN METODE SEMI KUANTITATIF PADA PROYEK KONTRUKSI DI INDONESIA

Berliana, Friyandary (2021) KAJIAN LITERATUR ANALISIS RISIKO KESELAMATAN KERJA DENGAN METODE SEMI KUANTITATIF PADA PROYEK KONTRUKSI DI INDONESIA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I (PENDAHULUAN).pdf - Published Version

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (398kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
TUGAS AKHIR full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penyumbang terbesar dalam hal angka kecelakaan kerja di Indonesia adalah proyek kontruksi. Sektor konstruksi selalu bertengger di angka 32% dan penyumbang presentase terbesar di kecelakaan kerja kemudian diikuti sektor industri manufaktur 31%, transportasi 15%, kehutanan 13% dan pertambangan 9% didasarkan BPJS Ketenagakerjaan. Pada tugas akhir ini menggunakan metode kajian literatur dalam menganalisis risiko terhadap kecelakaan kerja pada 12 proyek kontruksi di Indonesia. Metode identifikasi bahaya pada tugas akhir ini metode JSA. Teridentifikasi 11 pekerjaan penyumbang kecelakaan kerja yaitu pekerjaan atap, pekerjaan pengecoran, pekerjaan lifting material, pekerjaan bongkar pasang scaffolding, pekerjaan pemasangan dan pembongkaran bekisting, pekerjaan pemberian fabrikasi, plat lantai dan kolom, pekerjaan pemasangan dinding,plesteran,keramik dan pengecatan, pekerjaan pemasangan plafond dan penutup atap, pekerjaan instalasi plambing, pekerjaan instalasi listrik dan pekerjaan finishing. Metode anilisis risiko yang diterapkan yaitu semi kuantitatif. Faktor-faktor penyebab kecelakaan kerja 60% yaitu dari manusia itu sendiri dan 40% dari lingkungan ataupun mekanik. Rekomendasi pengendalian risiko terdiri atas 4 tahapan yaitu substitusi 5%, administrasi 35%, APD 40% dan rekayasa teknis 20%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: TAUFIQ IHSAN, MT RESTI AYU LESTARI, MT
Uncontrolled Keywords: Proyek Konturksi, Penilaian Risiko, Analisis risiko, Identifikasi bahaya, Pengendalian risiko,JSA.
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Lingkungan
Depositing User: s1 teknik lingkungan
Date Deposited: 10 May 2021 04:18
Last Modified: 10 May 2021 04:18
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/75090

Actions (login required)

View Item View Item