PENGARUH PENGGUNAAN MULSA PLASTIK DAN PESTISIDA TERHADAP CIRI KIMIA TANAH YANG DITANAMI SECARA POLIKULTUR PADA LAHAN VULKANIS GUNUNG MARAPI

DINA, OKTAVIANI (2021) PENGARUH PENGGUNAAN MULSA PLASTIK DAN PESTISIDA TERHADAP CIRI KIMIA TANAH YANG DITANAMI SECARA POLIKULTUR PADA LAHAN VULKANIS GUNUNG MARAPI. Diploma thesis, Universita Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak Dina Oktaviani (1).pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V PENUTUP)
BAB V kesimpulan dan saran.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (333kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT DINA OKTAVIANI)
Skripsi Revisi Kompre1.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan melihat pengaruh interaksi penggunaan mulsa plastik dan pestisida, pengaruh utama penggunaan mulsa plastik dan pestisida terhadap ciri kimia tanah yang ditanami secara polikultur pada lahan vulkanis gunung Marapi. Penelitian telah dilaksanakan pada bulan Agustus 2019 hingga September 2020 di Lahan petani di Nagari Paninjauan kecamatan X Koto kabupaten Tanah Datar dan Analisis tanah dilakukan di Laboratorium Kimia Tanah Jurusan Tanah Fakultas Pertanian Universitas Andalas. Penelitian ini dilakukan menggunakan faktorial 2 x 2 dengan 3 kali ulangan dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Faktor pertama yang digunakan adalah mulsa plastik dan faktor kedua yaitu pestisida. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Interaksi perlakuan penggunaan mulsa plastik dan pemberian pestisida dapat menurunkan kandungan Mg-dd dari 0.4 cmol/kg menjadi 0.34 cmol/kg. (2) Penggunaan mulsa plastik dapat meningkatkan nilai pH H2O dari 5.4 menjadi 5.73, N-total dari 0.31% menjadi 0.35%, menurunkan nilai rasio C/N dari 17.51 menjadi 15.58, kandungan Mg-dd dengan nilai 0.4 cmol/kg. (3) Pemberian pestisida dapat menurunkan kandungan Corganik tanah dari 5.43% menjadi 4.84%. Kata kunci: Intensifikasi pertanian, lahan vukanis, mulsa plastik, pestisida, polikultur.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Hermansah, MS, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Intensifikasi pertanian, lahan vukanis, mulsa plastik, pestisida, polikultur.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Ilmu Tanah
Depositing User: s1 ilmu tanah
Date Deposited: 06 May 2021 07:31
Last Modified: 06 May 2021 07:31
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/75084

Actions (login required)

View Item View Item