Pengaruh Pemberian Suplementasi Magnesium Pada Ibu Hamil Dengan Hipomagnesemia Dan Normomagnesemia Terhadap Kejadian Persalinan Preterm Di Kota Padang

Ilham, Ertandri (2021) Pengaruh Pemberian Suplementasi Magnesium Pada Ibu Hamil Dengan Hipomagnesemia Dan Normomagnesemia Terhadap Kejadian Persalinan Preterm Di Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (550kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Penutup)
BAB Akhir.pdf - Published Version

Download (428kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (474kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text Upload.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (774kB)

Abstract

Kadar magnesium serum menurun secara fisiologis selama kehamilan. Defisiensi magnesium atau hipomagnesium selama kehamilan berbanding lurus dengan kejadian persalinan preterm. Suplementasi magnesium selama kehamilan dapat menurunkan risiko persalinan preterm. Tujuan penelitian ini adalah menentukan pengaruh pemberian suplementasi magnesium pada ibu hamil dengan hipomagnesemia dan normomagnesemia terhadap kejadian persalinan preterm di kota Padang. Penelitian ini merupakan studi analitik dengan desain retrospektif. Sampel penelitian dibagi atas 2 kelompok dimana kelompok A merupakan ibu hamil dengan hipomagnesemia dan kelompok B merupakan ibu hamil dengan normomagnesemia. Kedua kelompok diberikan supementasi magnesium dan didapatkan sampel kelompok A sebanyak 24 orang dan sampel kelompok B sebanyak 24 orang dengan total sampel 48 orang yang terdiri dari ibu hamil dengan usia 20-35 tahun dan dalam trimester kedua kehamilan. Analisis data menggunakan uji Chi-Square. Hasil yang didapatkan adalah angka kejadian persalinan preterm pada ibu hamil dengan hipomagnesemia yang mendapatkan suplementasi magnesium adalah 12,5% dan angka kejadian persalinan preterm pada ibu hamil dengan normomagnesemia yang mendapatkan suplementasi magnesium adalah 45,8%. Didapatkan pengaruh pemberian suplementasi magnesium pada ibu hamil dengan hipomagnesemia terhadap persalinan preterm di kota Padang dengan nilai p = 0,011 (p < 0,05) yaitu mengurangi angka kejadian persalinan preterm sedangkan tidak terdapat pengaruh yang signifikan setelah pemberian suplementasi magnesium pada ibu hamil dengan normomagnesemua. Simpulan adalah terdapat pengaruh pemberian suplementasi magnesium pada ibu hamil dengan hipomagnesemia terhadap persalinan preterm di kota Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Husnil Kadri, M.Kes
Uncontrolled Keywords: Hipomagnesemia, persalinan preterm, suplementasi magnesium
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 06 May 2021 02:20
Last Modified: 06 May 2021 02:20
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/75052

Actions (login required)

View Item View Item