INTRODUKSI KONSORSIUM Bacillus spp. UNTUK PENGENDALIAN Meloidogyne spp. DAN MENINGKATKAN PERTUMBUHAN TANAMAN TOMAT (Lycopersicum esculentum Mill.)

Novia, Novia (2020) INTRODUKSI KONSORSIUM Bacillus spp. UNTUK PENGENDALIAN Meloidogyne spp. DAN MENINGKATKAN PERTUMBUHAN TANAMAN TOMAT (Lycopersicum esculentum Mill.). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
abstrack cover.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
pendahuluan.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5)
bab 5.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf

Download (286kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full)
skripsi full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Bacillus spp. merupakan mikroorganisme yang dapat menekan perkembangan patogen tanaman dan meningkatkan pertumbuhan serta hidup berasosiasi dengan tanaman. Konsorsium Bacillus spp. merupakan gabungan beberapa spesies Bacillus spp. yang saling bersinergis dan tidak saling menghambat perkembangan bakteri satu sama lain. Tujuan penelitian mendapatkan konsorsium Bacillus spp. terbaik untuk mengendalikan Meloidogyne spp. dan meningkatkan pertumbuhan tanaman tomat secara secara in planta. Penelitian secara eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) 7 perlakuan konsorsium dan 6 ulangan, yang terdiri atas (A). B. pseudomycoides strain EPL 1.1.4+B. cereus strain TLE 2.3, (B). B. cereus strain TLE 1.1+B. cereus strain TLE 2.3, (C). B. cereus strain SNE 2.2+B. cereus strain TLE 1.1, (D). B. cereus strain SNE 2.2+B. cereus strain TLE 2.3, (E). kontrol negatif (tanaman diinokulasikan Meloidogyne tanpa konsorsium Bacillus spp), (F). kontrol positif (tanaman tanpa inokulasi Meloidogyne dan konsorsium Bacillus spp) dan (G). nematisida Carbofuran. Introduksi konsorsium Bacillus spp dilaksanakan dua kali yaitu pada benih dan akar bibit tomat. Parameter yang diamati adalah perkembangan Meloidogyne spp. dan pertumbuhan tanaman. Hasil penelitian menunjukkan konsorsium Bacillus spp. yang terbaik untuk mengendalikan Meloidogyne spp. adalah konsorsium TLE 1.1 + TLE 2.3 dengan efektivitas (67.31 %). Konsorsium Bacillus spp yang dapat meningkatkan pertumbuhan tanaman yaitu konsorsium TLE 2.3 + TLE 1.1 dengan efektivitas (34.89%). Konsorsium Bacillus spp yang dapat meningkatkan pertumbuhan tanaman dan mengendalikan Meloidogyne spp adalah konsorsium TLE 2.3 + TLE 1.1 dengan efektivitas (51.1%).

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Winarto, Ir. MS
Uncontrolled Keywords: Bacillus spp ., inokulasi., konsorsium, Meloidogyne spp., tomat.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 05 May 2021 03:53
Last Modified: 05 May 2021 03:53
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/75048

Actions (login required)

View Item View Item