Karakteristik Gambaran CT-Scan Pasien Adenokarsinoma Paru dengan Status Mutasi EGFR di SUP Dr. M. Djamil Padang Periode 1 Januari 2018 - 31 Desember 2019

Sabria, Chairunnisa Rosadi (2021) Karakteristik Gambaran CT-Scan Pasien Adenokarsinoma Paru dengan Status Mutasi EGFR di SUP Dr. M. Djamil Padang Periode 1 Januari 2018 - 31 Desember 2019. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (646kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 6 Penutup)
BAB 6 (Penutup).pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (280kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi Full Text Sabria.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kanker paru merupakan jenis kanker penyebab kematian terbanyak di dunia. Di Indonesia, kanker paru merupakan kanker yang banyak pada laki – laki dan juga menyebabkan angka kematian yang banyak, yaitu peringkat pertama pada laki – laki dan peringkat ketiga pada perempuan. Kanker paru dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan tipe histologinya, jenis terbanyak adalah adenokarsinoma paru. Adenokarsinoma paru sering dikaitkan dengan mutasi gen Epidermal Growth Factor Receptor (EGFR). Penelitian juga menunjukkan terdapat karakteristik tertentu pada gambaran CT-Scan pasien adenokarsinoma paru yang mengalami mutasi EGFR. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan retrospektif dengan metode cross-sectional menggunakan data rekam medis pasien dengan diagnosis adenokarsinoma paru yang sudah menjalani pemeriksaan sitologi dan CT-Scan di RSUP Dr. M. Djamil periode Januari 2018 – Desember 2019. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling dengan jumlah sampel sebanyak 34 orang. Dari 34 sampel didapatkan 14 orang dengan mutasi EGFR (EGFR mutant) dan 20 orang tanpa mutasi EGFR (EGFR wild type). Adenokarsinoma paru dengan mutasi EGFR banyak terjadi pada laki – laki (71%), kelompok usia 45 – 64 tahun (64%), dan pasien bukan perokok (43%). Karakteristik gambaran CT-Scan pasien adenokarsinoma paru dengan mutasi EGFR yaitu lokasi tumor di bagian perifer (93%), ukuran tumor >3cm (100%), memiliki limfadenopati (78,6%) dengan frekuensi terbanyak adalah N2 (57,1%), memiliki nodul satelit (28,6%), dan mengalami metastasis jauh atau ekstra toraks seperti hati, tulang, otak, dan jaringan lunak. Penelitian ini membutuhkan analisis lebih lanjut mengenai hubungan yang bermakna antara variabel dengan status mutasi EGFR.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Tuti Handayani, Sp.Rad
Uncontrolled Keywords: Adenokarsinoma paru, CT-Scan, Status Mutasi EGFR
Subjects: R Medicine > RB Pathology
R Medicine > RC Internal medicine > RC0254 Neoplasms. Tumors. Oncology (including Cancer)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 04 May 2021 06:34
Last Modified: 04 May 2021 06:34
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/75005

Actions (login required)

View Item View Item