IMPLEMENTASI PENGATURAN HALAL FOOD STANDARDS AND LABELLING TERHADAP PRODUK MAKANAN DAN MINUMAN IMPOR MENURUT HUKUM INTERNASIONAL DAN HUKUM NASIONAL INDONESIA (Studi Implementasi Halal Food Standards and Labelling Terhadap Produk Makanan dan Minuman Impor di Kota Padang)

Fadjar, Muhammad (2021) IMPLEMENTASI PENGATURAN HALAL FOOD STANDARDS AND LABELLING TERHADAP PRODUK MAKANAN DAN MINUMAN IMPOR MENURUT HUKUM INTERNASIONAL DAN HUKUM NASIONAL INDONESIA (Studi Implementasi Halal Food Standards and Labelling Terhadap Produk Makanan dan Minuman Impor di Kota Padang). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I.pdf - Published Version

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV Penutup)
Bab IV.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Globalisasi perdagangan terjadi diseluruh negara yang turut serta melaksanakan perdangangan internasional yang diwadahi oleh World Trade Organization. Perdagangan internasional memiliki banyak sektor, salah satunya sektor perdagangan makanan dan minuman impor Indonesia yang mayoritas adalah muslim tentunya sangat memperhatikan aspek halal suatu produk makanan dan minuman impor tersebut. Hal ini dikarenakan hak bagi warga negara Indonesia untuk dapat beribadah sebaik baiknya terdapat pada Undang-Undang Dasar 1945. Meskipun demikian, masih banyak produk makanan dan minuman impor di Indonesia terkhusus di Kota Padang masih belum memenuhi kriteria halal namun telah beredar di pasaran. Tujuan dari skripsi ini adalah (a) untuk mengetahui bagaimana peraturan nasional dan internasional terkait dengan halal food standard and labelling. (b) untuk mengetahui bagaimana implementasi dari ketentuan halal terhadap produk makanan dan minuman impor di Kota Padang. Penulisan skripsi dilakukan dengan metode yuridis empiris dan bersifat deskriptif analitis. Hasil dari penelitian ini disimpulkan bahwa ketentuan halal bagi produk makanan dan minuman yang akan di impor telah masuk dalam peraturan internasional dan guideline terkait dengan perdagangan Internasional namun belum ada peraturan internasional yang secara khusus dan mengikat terkait dengan ketentuan halal, sedangkan pada tingkat nasional, peraturan terkait halal sudah diatur oleh Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014 Tentang Jaminan Produk Halal. Pelaksanaan dari ketentuan halal ini sendiri sudah dilaksanakan LPPOM MUI dan BPJPH sebagai badan yang melakukan sertifikasi dan labelisasi dan BBPOM selaku badan yang mengawasi masuk nya makanan dan minuman impor, yang menjadi kendala adalah masih adanya bentrok kewenangan dan kurang nya koordinasi antar lembaga tersebut dalam pelaksanaan ketentuan halal tersebut. Kata kunci: Perdagangan Internasional, Halal, Makanan dan Minuman Impor

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 05 May 2021 07:29
Last Modified: 05 May 2021 07:29
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/74989

Actions (login required)

View Item View Item