kandungan Selulosa, Lignin, dan Silika Tanaman Titonia (Tithonia diversifolia) sebagai Pakan Hijauan dengan Jenis Pupuk Berbeda pada Tanah Ultisol

Rijalul, Muhardi (2020) kandungan Selulosa, Lignin, dan Silika Tanaman Titonia (Tithonia diversifolia) sebagai Pakan Hijauan dengan Jenis Pupuk Berbeda pada Tanah Ultisol. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstark)
cover+abstrak.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text (pendahuluan)
bab 1 pendahuluan.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (penutup)
penutup.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[img] Text (skripsi full)
skripsi full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan nilai kandungan selulosa, lignin, dan silika tanaman titonia (Tithonia diversifolia) yang diberi pupuk organik dan pupuk NPK mutiara di tanah ultisol. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 4 perlakuan dan 4 kelompok sebagai ulangan. Perlakuan disusun sebagai berikut, P0 (tanpa pupuk), P1 (pupuk kandang sapi 10 ton/ha), P2 (pupuk NPK mutiara 937,5 kg/ha), dan P3 (kombinasi pupuk NPK mutiara 937,5 kg/ha + pupuk kandang sapi 10 ton/ha). Parameter yang diamati adalah kandungan selulosa, lignin, dan silika tanaman titonia. Data diolah menggunakan analisis keragaman dan perbedaan antar perlakuan diuji dengan Duncan multiple Range Test (DMRT). Hasil penelitian menunjukkan kandungan selulosa 17,19% - 24,96%, lignin 9,27% - 14,86%, dan silika 0,54% - 1,76%. Analisis keragaman menunjukkan bahwa penggunaan pupuk NPK mutiara memberikan pengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap kandungan selulosa dan lignin, namun tidak berpengaruh terhadap kandungan silika tanaman titonia. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pemberian kombinasi pupuk NPK mutiara dan pupuk kandang menghasilkan kualitas serat yang lebih baik pada tanaman titonia berumur dua bulan yang ditanam di tanah ultisol Kata Kunci : Lignin , Pemupukan , Selulosa, Silika, Titonia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Imana Martaguri, S.Pt, M.Si
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 03 May 2021 04:27
Last Modified: 03 May 2021 04:27
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/74975

Actions (login required)

View Item View Item