KEMAMPUAN FILTRAT Trichoderma harzianum Rifai DALAM MENEKAN PENYAKIT ANTRAKNOSA OLEH Colletotrichum gloeosporioides (Penz.) Sacc. PADA TANAMAN BUAH NAGA MERAH (Hylocereus polyhiruz)

Rizky, Almando (2021) KEMAMPUAN FILTRAT Trichoderma harzianum Rifai DALAM MENEKAN PENYAKIT ANTRAKNOSA OLEH Colletotrichum gloeosporioides (Penz.) Sacc. PADA TANAMAN BUAH NAGA MERAH (Hylocereus polyhiruz). Diploma thesis, universitas andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5 Penutup)
Bab 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (346kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi Full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Antraknosa merupakan salah satu penyakit penting pada tanaman buah naga merah (Hylocereus polyrhizus). yang disebabkan oleh jamur Colletotrichum gloeosporioides (Penz.) Sacc. Penggunaan filtrat Trichoderma harzianum dapat menekan pertumbuhan beberapa jamur patogen. Penelitian bertujuan untuk mendapatkan kosentrasi filtrat biakan T. harzianum yang paling efektif dalam menekan penyakit antraknosa yang disebabkan oleh jamur C. gloeosporioides pada tanaman buah naga merah Penelitian telah dilaksanakan di Laboratorium Fitopatologi, Fakultas Pertanian, Universitas Andalas sejak bulan Januari sampai bulan April 2020. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap dengan 5 perlakuan dan 5 ulangan. Perlakuan terdiri dari kosentrasi filtrat T. harzianum yaitu (A) 0% (kontrol), (B) 25%, (C) 50%, (D) 75% dan (E) fungisida mankozeb. Metoda pengaplikasian filtrat T. Harzianum dan fungisida mankozeb dilakukan dengan cara di teteskan pada tiap titik sulur tanaman buah naga yang telah di inokulasi oleh jamur C. gloeosporioides. Parameter pengamatan adalah (1) masa inkubasi (2) persentase serangan dan (3) luas bercak gejala antraknosa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa filtrat T. harzianum dengan kosentrasi 75% merupakan kosentrasi yang paling efektif dalam menekan luas bercak antraknosa dengan persentase serangan C. gloeosporioides paling kecil pada sulur tanaman buah naga merah. Kata Kunci : antraknosa, Colletotrichum gloeosporioides, buah naga, filtrat, Trichoderma harzianum

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Darnetty, MSc
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 03 May 2021 04:13
Last Modified: 03 May 2021 04:13
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/74951

Actions (login required)

View Item View Item