PARTISIPASI MASYARAKAT PADA PELAKSANAAN PROGRAM FORUM NAGARI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PT SEMEN PADANG Studi Kasus: Forum Nagari Kelurahan Koto Lalang dan Kelurahan Batu Gadang di Kecamatan Lubuk Kilangan Padang Sumatera Barat

Mohammad, Aburizal Mantovani (2021) PARTISIPASI MASYARAKAT PADA PELAKSANAAN PROGRAM FORUM NAGARI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PT SEMEN PADANG Studi Kasus: Forum Nagari Kelurahan Koto Lalang dan Kelurahan Batu Gadang di Kecamatan Lubuk Kilangan Padang Sumatera Barat. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak & Cover.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (734kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir Kesimpulan)
BAB Akhir (Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (293kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

MOHAMMAD ABURIZAL MANTOVANI, 1710813015, Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Andalas, Padang, 2021. Judul Skripsi: Partisipasi Masyarakat Pada Pelaksanaan Program Forum Nagari Corporate Social Responsibility (CSR) PT Semen Padang. Pembimbing Dr. Indraddin, M.Si Skripsi ini membahas tentang Partisipasi Masyarakat Pada Pelaksanaan Program Forum Nagari Corporate Social Responsibility (CSR) PT Semen Padang yang dilakukan di Kelurahan Koto Lalang dan Kelurahan Batu Gadang Kecamatan Lubuk kilangan Kota Padang. Pasal 1 ayat 3 undang-undang nomor 40 tahun 2007 tentang perseroan terbatas (undang-undang PT), yaitu peraturan yang dibentuk sebagai komitmen CSR perusahaan untuk berperan serta dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan guna meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat, baik bagi perseroan sendiri, komunitas setempat, maupun masyarakat pada umumnya. Dalam Implementasinya pelaksanaan CSR PT Semen Padang berjalan positif dikarenakan partisipasi masyarakat yang optimal, sementara ditempat lain banyak belum berhasil, sehingga hal ini menarik untuk diteliti. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan keterlibatan masyarakat dan pengurus forum pada program forum nagari CSR PT Semen Padang di Kelurahan Koto Lalang dan Kelurahan Batu Gadang dan (2) Mendeskripsikan akibat program forum nagari CSR PT Semen Padang di Kelurahan Koto Lalang dan Kelurahan Batu Gadang. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori partisipatoris Britha Mikkelsen yaitu membahas dalam proses pembangunan baik masyarakat dan perusahaan sama-sama bertujuan untuk melakukan perubahan, namun tipe atau cara pelibatannya beragam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe studi kasus. Dipilihnya metode ini karena pendekatan ini dapat memahami secara utuh fenomena yang dialami berupa perilaku, persepsi, motivasi, dan perilaku lainnya. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam dan observasi. Hasil penelitian ditemukan bahwa masyarakat berpartisipasi sejak awal program hingga selesai. Bentuk partisipasi masyarakat itu seperti (1) Keterlibatan pada identifikasi masalah, (2) perencanaan, (3) pelaksanaan proyek pembangunan, dan (4) monitoring evaluasi hasil pembangunan. Masyarakat ikut terlibat dalam berbagai kegiatan yang diusulkan pada acara BSM oleh pengurus forum nagari dan difasilitasi oleh CSR PT Semen Padang. Akibat dari partisipasi yang dilakukan masyarakat berjalan optimal, dikarenakan sedari awal masyarakat dilibatkan (bottom-up) sehingga keinginan masyarakat dalam pembangunan berdampak baik sesuai dengan yang masyarakat butuhkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Indraddin, M.Si
Uncontrolled Keywords: CSR, Partisipasi Masyarakat, Forum Nagari
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: s1 sosiologi sosiologi
Date Deposited: 03 May 2021 04:30
Last Modified: 03 May 2021 04:30
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/74903

Actions (login required)

View Item View Item