ANALISIS PENGELOLAAN KEUANGAN DESA (Studi Kasus Pemerintahan Nagari Talunan Maju Kecamatan Sangir Balai Janggo Kabupaten Solok Selatan)

Alfia, Alfia (2021) ANALISIS PENGELOLAAN KEUANGAN DESA (Studi Kasus Pemerintahan Nagari Talunan Maju Kecamatan Sangir Balai Janggo Kabupaten Solok Selatan). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5 Penutup)
Bab 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
Draft Skripsi_Alfia 1710532040.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penganggaran, penatausahaan, pelaporan, dan pertanggungjawaban keuangan desa Pemerintah Nagari Talunan Maju Kecamatan Sangir Balai Janggo Kabupaten Solok Selatan dan apakah telah sesuai dengan Permendagri Nomor 20 Tahun 2018. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder dengan teknik analisis model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penganggaran keuangan Nagari Talunan Maju secara keseluruhan telah sesuai dengan Permendagri Nomor 20 Tahun 2018. Hanya saja, terdapat beberapa kesalahan administrasi dalam hal pemakaian nama bidang, sub bidang, dan kegiatan pada APBNag. Selanjutnya, penatausahaan keuangan Nagari Talunan Maju telah sesuai dengan Permendagri Nomor 20 Tahun 2018 yaitu sudah terdapat bukti yang lengkap dan sah, Kaur Keuangan sudah melakukan pencatatan pada buku kas umum, buku pembantu bank, buku pembantu panjar, dan buku pembantu pajak. Namun, dalam pelaksanaanya Kaur dan Kasi Pelaksana Kegiatan Anggaran tidak membuat buku pembantu kegiatan. Sedangkan untuk pelaporan dan pertanggungjawaban keuangan desa juga telah sesuai dengan Permendagri Nomor 20 Tahun 2018 yaitu sudah membuat laporan keuangan dan menyampaikannya tepat pada waktunya. Kata Kunci : Penganggaran, penatausahaan, pelaporan, pertanggungjawaban

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Fauzan Misra, SE, M.Sc, Ak, CA, BKP
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: S1 Akuntansi Akuntansi
Date Deposited: 29 Apr 2021 06:38
Last Modified: 29 Apr 2021 06:38
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/74843

Actions (login required)

View Item View Item