MIKROSIMULASI LALU LINTAS PADA SIMPANG TIGA ( Simpang Jln. S.Parman- Jln.Khatib Sulaiman)

Irdani, Maharani (2021) MIKROSIMULASI LALU LINTAS PADA SIMPANG TIGA ( Simpang Jln. S.Parman- Jln.Khatib Sulaiman). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf

Download (749kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I (Pendahuluan))
BAB I (Pendahuluan).pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir ( Penutup))
BAB Akhir (Penutup).pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (344kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Ilmiah Utuh)
Tugas Ilmiah Utuh.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Lalu Lintas merupakan gerak kendaraan dan orang di ruang lalu lintas Jalan, yang mana ruang lalu lintas jalan adalah prasarana yang diperuntukkan bagi gerak pindah kendaraan, orang, dan/atau barang yang berupa jalan dan fasilitas pendukung. (Undang-undang No 22 tahun 2009). Menilai kinerja dari suatu lalu lintas dapat dinilai dari permasalahan simpang bersinyal yang ada, Permasalahan pergerakan transportasi ini sering terjadi pada daerah persimpangan. Parameter yang digunakan untuk menilai permasalahan pada persimpangan antara lain adalah tundaan, antrian, dan panjang antrian. Pada penelitian ini penulis membandingkan kinerja persimpangan pada hari kerja dan hari libur, pada hari kerja semua kegiatan pendidikan di sekolah dan kantor beroperasi seperti biasa sedangkan pada hari libur kegiatan persekolahan, kantor, tidak beroperasi. Sehingga kinerja persimpangan antara hari libur dan hari kerja akan terjadi perbedaan. Untuk mengetahui kinerja simpang bersinyal tersebut dilakukan analisis dan juga pemodelan. Pemodelan simpang bersinyal dilakukan menggunakan software PTV Vissim dengan melakukan kalibrasi secara trial and error dan validasi dengan melakukan uji GEH terhadap volume kendaraan. Kinerja hasil simulasi Simpang Tiga Jln. Khatib Sulaiman -Jln. S.Parman pada kondisi hari kerja memiliki tingkat pelayanan B dengan rata-rata panjang antrian sepanjang 11,99 meter dan waktu tundaan rata-rata simpang yaitu 16,85 detik sedangkan Simpang Tiga Jln. Khatib Sulaiman-Jln. S.Parman pada komdisi libur memiliki tingkat pelayanan A dengan rata-rata panjang antrian sepanjang 3,06 meter dan waktu tundaan rata-rata simpang yaitu 9,78 detik. Usulan alternatif penanganan yang diberikan adalah untuk dapat mengurangi tundaan yang ada pada Simpang Tiga Jln. Khatib Sulaiman -Jln. S.Parman dengan mengoptimalkan fase APILL yang ada. Dari hasil analisis rekomendasi simpang dengan menggunakan Vissim, memiliki tingkat pelayanan B dengan rata-rata panjang antrian sepanjang 5,59 meter dan waktu tundaan rata-rata simpang yaitu 11,77 detik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Yosritzal, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Mikrosimulasi, Vissim, Panjang Antrian, Tundaan
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 29 Apr 2021 04:27
Last Modified: 29 Apr 2021 04:27
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/74826

Actions (login required)

View Item View Item